-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Latihan Soal PPKn Kelas 7 SMP/ MTs Semester 2 Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (Part I)

Post a Comment
Bab 6 tentang Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bab terakhir mata pelajaran PPKn kelas 7 SMP/ MTs pada semester dua. Cakupan materi yang dibahas pada bab ini lumayan banyak sehingga untuk latihan soal akan saya bagi menjadi beberapa bagian (part). Nah, pada bagian ini, kita akan berlatih pada sub bab pertama yaitu Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia pada topik Perjuangan Menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia

source : wikipedia



Pada latihan ini terdapat 20 soal pilihan bentuk ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Materi soal disarikan dari buku paket PPKn kelas 7 SMP/ MTs dengan dikembangkan dari sumber- sumber lainnya yang relevan. Semoga saja dengan latihan ini dapat mempermudah belajar baik dalam menghadapi penilaian harian atau penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.

Berikut latihan soalnya,

==========================================================================================
Latihan Soal PPKn Kelas 7 SMP/ MTs Semester 2 
Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia 
(Part I)

==========================================================================================

1. Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa zaman kerajaan selalu mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan ....
A. masih minimnya peralatan perang modern
B. perjuangan masih bersifat kedaerahan
C. koordinasi yang kurang baik
D. sistem komunikasi yang belum canggih



2. Organisasi pergerakan nasional pertama yang menjadi tonggak lahirnya kebangkitan nasional adalah ....
A. Serikat Dagang Islam
B. Budi Utomo
C. Trikoro Dharmo
D. Indische Partij



3. Penderitaan rakyat Indonesia selama masa penjajahan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan atas dasar ....
A. kesamaan bangsa
B. perasaan senasib sepenanggungan
C. kesamaan wilayah
D. latar belakang suku yang sama



4. Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah ....
A. keinginan golongan muda kepada golongan tua untuk segera memproklamasikan kemeredekaan Indonesia
B. kekalahan Jepang atas sekutu
C. kesepakatan penentuan waktu proklamasi
D. kekosongan kekuasaan Indonesia



5. Tokoh yang memberikan jaminan kepada golongan tua bahwa kemerdekaan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah ....
A. Mohammad Yamin
B. B.M Diah
C. Achmad Subardjo
D. Chaerul Saleh



6. Tempat penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah .... 
A. Rumah Laksamana tadashi Maeda
B. Gedung Katholieke Jongenlingen
Bond (KJB) Waterlooplein
C. Gedung Oost-Java Bioscoop
D. Gedung Indonesische Clubgebouw



7. Tokoh yang mengetik naskah proklamasi adalah ....
A. B.M Diah
B. Soekarni
C. Sajoeti Melik
D. Soediro



8. Di bawah ini yang merupakan tokoh- tokoh yang hadir pada saat penyusunan teks proklamasi, kecuali ....
A. Achmad Subardjo
B. Soekarni
C. Chairul Saleh
D. semua jawaban benar



9. Tempat dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Sukarno dan Drs. Moh Hatta adalah ....
A. Jl. Imam Bonjol No. 1 Jakarta
B. Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta
C. Jl. Diponegoro No. 1 Jakarta
D. Jl. Pegangsaan Timur No. 54 Jakarta



10. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 menjadi sebuah peristiwa penting bahwa proklamasi kemerdekaan ....
A. mengubah kehidupan bangsa Indonesia yang semula terjajah menjadi bangsa yang merdeka
B. menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan kuat
C. merupakan langkah terakhir dalam memperjuangkan cita- cita bangsa
D. menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat di Asia



11. Perhatikan faktor - faktor berikut ini,
(1) keinginan bersama untuk merdeka dan melepaskan diri dari penjajah
(2) adanya kesatuan tempat tinggal
(3) adanya persamaan nasib
(4) adanya semangat menjadi bangsa yang terkuat
(5) adanya cita- cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa

Faktor yang mendorong semangat terbentuknya negara kesatuan republik Indonesia ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3),(4)
B. (2), (3), (4),(5)
C. (1), (3), (4),(5)
D. (1), (2), (3),(5)



12. Pernyataan yang tidak benar tentang kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 adalah ....
A. proklamasi kemerdekaan adalah titik puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah
B. proklamasi kemedekaan merupakan titik awal perjuangan baru dalam mempertahankan dan mengisi perjuangan
C. hanyalah daerah tertentu saja yang berjuang dalam melawan penjajah
D. adanya persamaan nasib bangsa Indonesia yang terjajah selama kurang lebih 350 tahun mendorong semangat dalam perjuangan kemerdekaan 



13. Berikut ini adalah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, kecuali ....
A. merupakan akhir penjajahan kaum kolonialis bagi bangsa Indonesia
B. merupakan pernyataan kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajahan
C. merupakan sumber tertib hukum nasional yang mengandung makna berakhirnya hukum kolonial dan digantikan dengan tata hukum nasional
D. memberikan kesempatan bangsa Indonesia untuk mendapatkan pujian dari bangsa lain



14. Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). hal ini adalah makna kemerdekaan bangsa Indonesia dilihat dari aspek ....
A. historis
B. hukum
C. sosiologis
D. kultural



15. Proklamasi membangun peradaban baru dari bangsa yang digolongkan pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia yang sama. Pernyataan tersebut adalah salah satu makna kemerdekaan ditinjau dari aspek ....
A. historis
B. hukum
C. sosiologis
D. kultural



16. Bila dilihat dari aspek sosiologis, proklamasi kemerdekaan ....
A. menjadikan perubahan dari bangsa yang terjajah menjadi bangsa yang merdeka. Proklamasi memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan. 
B. merupakan titik akhir sejarah penjajahan di bumi Indonesia sekaligus menjadi titik awal Indonesia sebagai negara yang merdeka bebas dari penjajahan bangsa lain. 
C.  membangun peradaban baru dari bangsa yang digolongkan pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia yang sama. 
D. merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional.



17. Proklamasi yang diperoleh merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang meridhai perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Hal ini merupakan makna proklamasi dilihat dari aspek ....
A. politis
B. sosiologis
C. spiritual
D. kultural



18. Proklamasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan mempunyai kedudukan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Pernyataan tersebut merupakan makna proklamasi dari aspek ....
A. politis
B. sosiologis
C. spiritual
D. kultural



19. Alenia pertama teks proklamasi yang berbunyi "Kami bangsa Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaan Indonesia" mengandung makna bahwa ....
A. kemerdekaan bangsa Indonesia telah dinyatakan dan diumumkan kepada dunia
B. kemerdekaan bangsa Indonesia adalah titik puncak perjuangan bangsa Indonesia
C. kemerdekaan bangsa Indonesia adalah langkah awal menata negara yang baru
D. kemerdekaan bangsa Indonesia diakui oleh bangsa- bangsa di dunia



20. Pada alenia kedua proklamasi, dinyatakan bahwa pemindahan kekuasaan diselenggarakan dengan cara seksama dan adalam tempo yang singkat. Hal tersebut bermakna ....
A. pemindahan kekuasaan pemerintahan yang baru dilaksanakan berdasarkan tata hukum nasional menggantikan hukum kolonial
B. pemindahan kekuasaan pemerintahan dilaksanakan secara hati- hati dan penuh perhitungan agar tidak terjadi pertumpahan darah
C.  pemindahan kekuasaan pemerintahan tetap mengacu pada pemerintahan yang lama
D. pemindahan kekuasaan pemerintahan beradsarkan tata undang- undang dasar 1945



Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Iklan