-->

Ad Unit (Iklan) BIG

10 Definisi Pengertian Teori Atom Menurut Para Ahli

Post a Comment
TugasSekolah.com - 10 Definisi Pengertian Atom Menurut Para Ahli. Tentu anda masih ingat salah satu materi atom dalam mata pelajaran Fisika dan Kimia, ya Atom merupakan bagian dari unsur yang juga bagian terkecilnya.

Salah satu teori atom yang paling populer tentunya adalah Teori Dalton yang hingga saat ini masih menjadi rujukan bagi para ilmuwan. Sejarah perkembangan atom tentunya dimulai dari para ilmuwan yang mencoba menganalisis mengenai sebuah peristiwa perubahan pada zat yang terjadi dilingkungan sekitar.

Singkatnya Atom diutarakan oleh para Ilmuwan Yunan Kuno yang memiliki dua suku kata yakni "a" yang konon memiliki arti sebagai "tidak" dan "tomos" berarti terbagi, sehingga jika digabungkan "Atomos" yang merupakan asal kata atom memiliki pengertian sesuatu hal yang tidak dapat dibagi-bagi.

Nah dari sejarah tersebut kemudian berkembang beragam teori atom yang pertamakali dikemukakan oleh Anaxagoras dan Democritus yang kemudian disempurnakan oleh tokoh bernama John Dalton atau yang kemudian dikenal dengan Teori Atom Dalton.

Untuk memahami dan mengenal teori atom lebih lanjut, berikut kami hadirkan beragam pendapat dari para ilmuwan dan ahli mengenai pengertian atom yang tentunya dapat menjadi salah satu referensi untuk anda.

10 Pengertian Atom Menurut Para Ahli

Pengertian Atom Menurut Robert Boyle

Diawali dari pendapat Robert Boyle mengenai pengertian Atom yang dikemukakannya pada tahun 1661 dengan meluncurkan sebuha buku yang berjudul "The Sceptical Chymist" dan didalamnya berisi mengenai teori atom dimana dunia dan isinya (materi yang terkandung didalamnya) merupakan hasil bentukan dari kombinasi beragam atom yang berbeda.

Pengertian Atom Menurut Antoine Lavoisier

Selanjutnya di tahun 1789 muncul Ilmuwan bernama Antoine Lavoisier yang turut mengemukakan pendapatnya mengenai Atom dengan istilah unsur yang merupakan salah satu bahan dasar yang memiliki kemampuan yakni tak dapat dibagi lagi meskipun dianalisa dengan menggunakan metode kimia.

Pengertian Atom Menurut John Dalton

Teori atom selanjutnya yang paling terkenal hadir di tahun 1803 melalui Ilmuwan bernama John Dalton yang menyebutkan bahwa alasan unsur dapat selalu bereaksi seperti halnya sifat gas yang selalu larut dalam air ketimbang gas lain yang tentunya didalamnya terdapat fungsi atom yang kemudian dijelaskan lebih dalam bahwasanya pada setiap elemen yang memiliki unsur atom dengan sifat tunggal dinyatakan dapat bergabung dengan bentuk senyawa kimia lainnya.

Pengertian Atom Menurut J. Desaulx

Salah satu Fisikawan asal Jean Perrin yang melakukan eksperimen mengenai masa atom juga turut menuturkan pendapatnya mengenai teori atom dengan menggunakan percobaan dari karya buatan Einstein yang kemudian digunakan untuk mengujicoba besaran masa dan atom pada sebuah katoda.

Pengertian Atom Menurut Ernest Rutherford

Salah satu Ilmuwan terkenal bernama Ernest juga turut menuturkan mengenai teori atom dimana atom merupakan bagian partikel yang memiliki inti atau yang biasa disebut dengan "Inti Atom". Didalam inti atom terdapat dua partikel yang dikenal dengan proton dan neutron.
 Definisi Pengertian Atom Menurut Para Ahli 10 Definisi Pengertian Teori Atom Menurut Para Ahli

Pengertian Atom Menurut Bohr

Tak cukup sampai disitu misteri atom juga turut mengundang Ilmuwan Fisika asal Denmar yakni Niels Bohr yang juga menjelaskan mengenai teori atom. Berawal dari kegagalan teori Rutherford, Bohr mencoba melengkapi sekaligus menambal sisi lemah teori sebelumnya dengan tiga ketentuan:
  • Kententuan pertama seputar rotasi yang dibuat elektron dengan mengelilingi inti dengan sebutan lintasa stasioner.
  • Ketentuan kedua mengatakan bahwasanya elektron memiliki kemampuan untuk melakukan perpindahan dari satu lintasan ke lintasan yang lain sesuai dengan rotasi yang ada.
  • Lintasan-lintasan yang diperkenankan elektron adalah lintasan-lintasan yang mempunyai momentum sudut kelipatan bulat.

Pengertian Atom Menurut J.J. Thomson

Goyahnya teori atom Dalton secara tak langsung memang lebih karena kehadiran Teori baru dari Ilmuwan bernama J.J Thomson. Menurutnya atom lebih diibaratkan seperti bola yang memiliki kemampuan energi ataupun muatan positif dan negatif seperti pada proton dan neutron dan juga mampu menyebar secara merata.

Pengertian Atom Menurut Demokritos

Teori mengenai atom selanjutnya datang dari ilmuwan bernama Demokritos yang menuturkan jika atom merupakan kumpulan partikel kecil dalam jumlah banyak kemudian melekati dan menyusun hampir seluruh materi yang ada di alam semesta. Dalam kata lain teori ini menyebutkan jika materi yang ada di bumi dan isinya merupakan bagian dari  unsur atom.

Pengertian Atom Menurut Stern Gerlach

Teori atom terus berkembang hingga tahun 1922 yang kemudian seorang Ilmuwan juga turut mengemukakan pendapatnya mengenai atom dari hasil penelitiannya membuktikan bahwasanya atom memiliki sifat yang kauntum. Hal tersebut didapat dari uji coba yang dilakukan saat sinar atom perak diberikan sedikit tekanan melalui medan magnet yang kemudian data/benda tersebut digerakan secara terpisah hingga membentuk sudut spin lalu hasilnya bagian berkas tersebut bergerak menyebar tak menentu yang menghasilkan kesimpulan tergantung pada spin atom tersebut melintas apakah keatas atau kebawah.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads