Pembahasan soal vektor berikutnya akan kita lihat pada ulasan berikut. 10 soal yang telah disediakan dapat anda gunakan untuk berlatih dan belajar di rumah.
Baca sebelumnya : 10 Soal & Pembahasan Vektor (bagian 1) ǀ Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang tepat dari pilihan di bawah ini.
11. Vektor yang besarnya 20√(3) N membentuk sudut 60o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu x adalah . . .
A. 10√(3) N
B. 10√(2) N
C. 10 N
D. – 10 N
E. – 10√(3) N
Pembahasan :
Fx = F. cos α = 20√(3). cos 60o = 10√(3) N
Jawaban A
12. Vektor yang besarnya 30√(3) membentuk sudut 60o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu y adalah . . .
A. 30√(3) N
B. 40√(2) N
C. 45 N
D. 30 N
E. – 45√(3) N
Pembahasan :
Fy = F. sin α = 30√(3). sin 60o = 45 N
Jawaban C
13. Vektor yang besarnya 10√(3) N membentuk 120o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu y adalah . . .
A. 15√(3) N
B. 15√(2) N
C. 15 N
D. 10 N
E. – 15√(2) N
Pembahasan :
Fy = F. sin α = 10√(3). sin 60o = 15 N
Jawaban C
14. Vektor yang besarnya 10√(2) N membentuk sudut 120o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu x adalah . . .
A. 5√(3) N
B. 15√(2) N
C. 15 N
D. 10 N
E. – 5√(2) N
Pembahasan :
Fx = – F. cos α = – 10√(2). cos 60o = – 5√(2) N
Jawaban E
15. Vektor yang besarnya 10√(2) N membentuk sudut 225o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu y adalah . . .
A. 10√(3) N
B. 10√(2) N
C. 10 N
D. – 10 N
E. – 5√(2) N
Pembahasan :
Fy = – F. cos α = – 10√(2). cos 45o = – 10 N
Jawaban D
16. Vektor yang besarnya 10√(2) N membentuk sudut 300o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu x adalah . . .
A. 5√(3) N
B. 5√(2) N
C. 10 N
D. – 10 N
E. – 5√(2) N
Pembahasan :
Fx = F. cos α = 10√(2). cos 60o = 5√(2) N
Jawaban B
17. Vektor yang besarnya 10√(2) N membentuk sudut 300o terhadap sumbu x positif. Besar komponen vektor pada sumbu y adalah . . .
A. 5√(3) N
B. 5√(2) N
C. – 5√(6) N
D. – 10 N
E. – 5√(2) N
Pembahasan :
Fy = – F. sin α = – 10√(2). sin 60o = – 5√(6) N
Jawaban C
18. Vektor F1, F2, dan F3, pada gambar di bawah ini bertitik tangkap di O. Jika masing-masing vektor besarnya 100 N, maka resultan ketiga vektor adalah . . .
A. 0 N
B. 25 N
C. 30 N
D. 45 N
E. 60 N
Pembahasan :
Komponen sumbu x
F2x = – F2. cos 60 = – 50 N
F3x = – F3. cos 60 = – 50 N
F1x = 100 N
Komponen sumbu y
F2y = F2. sin 60 = 50√(3) N
F3y = – F3. sin 60 = – 50√(3) N
F1y = 0 N
Resultan gaya pada sumbu x adalah F1x + F2x + F3x = 100 + (–50) + (–50) = 0 N
Resultan gaya pada sumbu y adalah F1y + F2y + F3y = 0 + (50√(3)) + (–50√(3)) = 0 N
Jawaban A
19. Vektor A = 2i + 3j – k dan vektor B = –i + j + 2k. Jika vektor i, j, dan k berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu x, y, dan z pada koordinat Cartessian. Maka, vektor A x B adalah . . . .
A. 7i + 3j + 5k
B. 7i – 3j + 5k
C. 7i + 3j – 5k
D. 7i – 3j – 5k
E. 7i + 4j + 5k
Pembahasan :
Pada vektor A = 2i + 3j – k
Ax = 2; Ay = 3; Az = – 1
Pada vektor B = –i + j + 2k
Bx = – 1; By = 1; Bz = 2
Sifat perkalian vektor (cross product)
R = A x B
R = (Ay.Bz – Az.By)i + (Az.Bx – Ax.Bz)j + (Ax.By – Ay.Bx)k
R = (3.2 – (– 1).1)i + ((– 1).( – 1) – 2.2)j + (2.1 – 3.( – 1))k
R = (6 + 1)i + (1 – 4)j + (2 + 3)k
R = 7i – 3j + 5k
Jawaban B
20. Dua vektor masing-masing A = – 2i + 3j – k dan vektor B = –3i + j + 2k. Sudut antara kedua vektor tersebut adalah . . .
A. 90o
B. 60o
C. 0o
D. 45o
E. 37o
Pembahasan :
Pada vektor A = – 2i + 3j – k
Ax = – 2; Ay = 3; Az = – 1
Pada vektor B = –3i + j + 2k
Bx = – 3; By = 1; Bz = 2
*Mencari nilai |A|
|A| = √((–2)2 + (3)2 + (–1)2)
|A| = √(4+ 9 + 1)
|A| = √(14)
*Mencari nilai |B|
|B| = √((–3)2 + (1)2 + (2)2)
|B| = √(9 + 1 + 4)
|B| = √(14)
*Mencari nilai A.B
A.B = (–2).( –3) + (3).(1) + (–1).(2)
A.B = 6 + 3 – 2 = 7
*Mencari nilai sudut antara dua vektor
cos α = (A.B)/ (|A|.|B|)
cos α = 7/ (√(14). √(14))
cos α = 7/ 14
cos α = 1/ 2
α = 60o
Jawaban B
Baca selanjutnya : 5 Soal & Pembahasan Vektor (bagian 3) ǀ Pilihan Ganda
Yuk, kita beralih ke soal pembahasan vektor bagian selanjutnya. Variasi soal pilihan ganda dapat dilihat pada menu task.
Post a Comment
Post a Comment