-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal PPKn Kelas 9 SMP/ MTs Semester 2 (Genap) Bab 4 : Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Post a Comment
Materi soal disarikan dari buku paket PPKn kelas 9 khususnya pada bab 4 yang mencakup beberapa kompetensi dasar (KD) antara lain :
  • Menghormati  keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengutamakan sikap toleran  dalam  menghadapi masalah akibat keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya.
  • Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
  • Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Semoga saja dengan latihan soal ini dapat membantu siswa dalam berlatih soal dirumah selain mempelajari isi dari materi dari buku paket.


Latihan Soal PKn Kelas 9 Bab 4
Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

1. Arti penting persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia adalah ....
A. tercipta keamanan dalam lingkungan masyarakat
B. terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang
C. terbentuknya aturan untuk mengatur hubungan masyarakat
D. mempererat hubungan antar suku



2. berikut ini adalah alat untuk mempersatukan bangsa Indonesia, kecuali ....
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. Peraturan perundang- undangan
D. semboyan Bhinneka Tunggal Ika



3. Sikap yang harus dihindari dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia adalah ....
A. memandang rendah suku atau budaya lain
B. tidak menganggap suku dan budayanya paling baik
C. menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa
D. mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku



4. Keragaman suku dan budaya  merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu kita jangan sampai mengabaikan suku dan budaya sendiri. Langkah yang tepat untuk dilakukan dalam melestarikan suku dan budaya bangsa tersebut adalah ....
A. menerima budaya asing sebagai budaya kita juga
B. mengenalkan budaya ke anak cucu dengan membuat program dan fasilitas yang relevan. 
C. menyaring budaya asing yang masuk
D. lebih sering menggunakan budaya asing ketimbang budaya sendiri karena lebih menarik



5. Salah satu prinsip persatuan dan kesatuan adalah prinsip Bhinneka Tunggal Ika yang memaknai kita agar ....
A. mencintai tanah air, mempersiapkan sebagai warga negara untuk mencintai tanah airnya
B. mengakui bahwa bangsa Indonesia memiliki keragaman suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan
C. memiliki kebebasan dan tanggung jawab terhadap diri, sesama dan kepada Tuhan Yang Maha Esa
D. mempunyai cara pandang terhadap diri dan lingkungannya yang merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya



6. Cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sebagai satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan disebut ....
A. ideologi bangsa
B. nasionalisme
C. wawasan nusantara
D. cita- cita pembangunan nasional



7. Tujuan Pembangunan nasional bangsa tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ....
A. I
B. II
C. III
D. IV



8. Berikut ini yang bukan tujuan pembangunan nasional yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 adalah ....
A. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
B. memajukan kesejahteraan umum
C. mencerdaskan kehidupan bangsa
D. memelihara perdamaian di negara kawasan Asia Tenggara



9. Di bawah ini adalah faktor yang mempengaruhi persebaran suku bangsa di Indoesia, kecuali ....
A. faktor geografis
B. perdagangan laut
C. kedatangan bangsa asing
D. konflik antar masyarakat



10. Peraturan tentang perbuatan manusia yang lazim dilakukan sejak zaman nenek moyang dan diikuti oleh keturunannya disebut ....
A. norma
B. kebiasaan
C. adat
D. istiadat



11. Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunannya dari kedua belah pihak dengan kedudukan laki- laki dan perempuan adalah sama disebut ....
A. Patrilineal
B. Matrilineal
C. Parental
D. bilateral



12. Sistem kekerabatan Matrilineal  biasanya dijumpai pada daerah ....
A. Jawa
B. Minangkabau
C. Madura
D. Bali



13. Bila ada suatu anggota masyarakat yang menikah , yang menyelenggarakan pesta pernikahan dan menanggung seluruh biayanya adalah pihak laki- laki, sedangan pihak perempuan tidak dibebankan untuk menanggung biaya perkawinan kecuali atas kesepakatan kedua belah pihak. Contoh tersebut biasanya menganut sistem kekerabatan ....
A. Patrilineal
B. Matrilineal
C. Parental
D. bilateral



14.  Di bawah ini adalah dampak positif yang ditimbulkan dari keberagaman masyarakat Indonesia, kecuali ....
A. terciptanya integritas sosial
B. sebagai sarana memajukan pergaulan antarsuku, agama, budaya dan golongan
C. memperkaya khazanah budaya bangsa
D. Sikap primordialisme dalam masyarakat



15. Paham yang berpegang teguh secara berlebihan terhadap keyakinan sendiri sehingga menganggap salah terhadap keyakinan lain disebut paham ....
A. etnosentrisme
B. primordialisme
C. fanatisme
D. chauvinisme



16. Munculnya paham etnosentrisme harus dihindari sebagai dampak dari keberagaman masyarakat Indonesia. Paham etnosentrime adalah ....
A. pandangan yang berpegang teguh pada hal- hal yang dibawa sejak kecil baik tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di lingkungan pertamanya
B. pandangan yang menganggap suku bangsa atau kelompok sendiri lebih unggul dibandingkan suku yang lainnya
C. paham yang menganggap keyakinan lain itu salah
D.  paham yang menggambarkan rasa cinta dan kesetiaan yang berlebihan terhadap Tanah Air.



17. Konflik G30SPKI yang pernah terjadi di Indonesia beberapa puluh tahun lalu merupakan contoh bentuk konflik ....
A. politik
B. ideologi
C. antarsuku
D. rasis



18. Contoh bentuk konflik politik yang sering terjadi di masyarakat adalah ....
A. konflik pemberontakan G30SPKI
B. konflik antarsuku
C. konflik akibat perbedaan ras
D. konflik karena menolak kebijakan pemerintah



19. Pertentangan antar kelompok yang memiliki keyakinan yang berbeda digolongkan dalam jenis konflik ....
A. antargolongan
B. antarras
C. antaragama
D. antarsuku



20. Konflik dalam masyarakat tidak serta merta terjadi secara tiba- tiba namun melalui proses yang ditandai oleh beberapa gejala dalam masyarakat. Salah satu gejala yang menunjukkan adanya konflik sosial dalam masyarakat  adalah ....
A. persamaan pandangan antar kelompok
B. sanksi yang tegas dalam masyarakat
C. adanya proses persaingan tidak sehat
D. norma yang masih dipegang teguh masyarakat



21  Konflik tidak hanya berdampak negatif namun juga berdampak positif. Salah satu akibat positif dari suatu konflik adalah ....
A. bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok
B. terciptanya suasana yang nyaman
C. terwujudnyya persatuan dan kesatuan
D. toleransi antar anggota masyarakat



22. Berikut ini adalah akibat negatif yang ditimbulkan oleh terjadinya konflik, kecuali ....
A. perpecahan dalam masyarakat
B. kerugian harta atau benda
C. rasa kesetiakawanan kelompok yang tinggi
D. rusaknya nilai- nilai dan norma sosial yang ada



23. Cara preventif untuk mencegah terjadinya suatu konflik adalah ....
A. mengembangkan sikap toleransi
B. memisahkan masyarakat berdasarkan kelompoknya
C. penangkapan pihak yang berkonflik
D. pembubaran kelompok yang cenderung berkonflik



24. Pendampingan korban kerusuhan, perdamaian, kerja sama merupakan salah satu upaya meredam konflik dalam tahapan ....
A. preventif
B. asosiatif
C. represif
D. kuratif



25. Sikap yang harus dipupuk untuk mencegah terjadinya konflik adalah ....
A. membanggakan suku bangsa dan budaya daerah sendiri secara berlebihan
B. mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati berbagai keragaman
C. bergaul hanya dengan teman yang satu suku saja
D. mempelajari kelemahan kelompok lain

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Iklan