Mapel PPKn dalam materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Materi ini terdapat pada kelas 7 bab 4 semester kedua (genap).
Latihan soal sesuai dengan kompetensi dasar materi PPKn kelas 7 bab 4 yang mencakup,
- Menghormati keberagaman norma- norma, suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.
- Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Soal PPKn Kelas 7 SMP/ MTs Bab 4 Semester 2
Pilihlah salah satu jawaban yang benar, lalu cocokkan dengan kunci jawaban yang tersedia pada setiap soal!
1. Indonesia merupkan negara yang terdiri atas pulau- pulau besar ataupun pulau pulau kecil. hal ini sesuai dengan pernyataan UUD 1945 pasal ....
A. 20A
B. 24A
C. 25A
D. 26A
2. Bangsa Indonesia disebut negara yang memiliki keberagaman dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut menjadikan bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang ....
A. tunggal
B. majemuk
C. terpisah
D. besar
3. Di bawah ini adalah faktor penyebab keberagaman masyarakat di Indonesia, kecuali ....
A. kondisi kepulauan negara Indonesia yang terdiri lebih dari 17 ribu pulau
B. letak Indonesia yaitu diantara dua samudra dan dua benua
C. pengaruh budaya asing sejak zaman dahulu
D. pengaruh penjajahan bangsa asing
4. Suku adalah kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan kesatuan kebudayaan mereka. Setiap suku bangsa memiliki ciri- ciri yang khas. Berikut ini termasuk aspek yang merupakan ciri- ciri yang khas dari suku bangsa adalah ....
A. bahasa, adat istiadat, dan kesenian
B. pandangan hidup, mata pencaharian, dan agama
C. ciri fisik, keturunan, dan mata pencaharian
D. keyakinan masyarakat, keturunan dan pandangan hidup
5. Salah satu hal yang harus dipupuk dalam membina sikap saling hormat menghormati dalam kehidupan beragama adalah ....
A. bersifat reaktif dan menyerang
B. toleransi antarumat beragama
C. tolong menolong hanya bagi yang seagama saja
D. suka berdebat dan memaksakan pendapat orang lain
6. Sikap yang harus dihindari dalam keberagaman ras agar tidak terjadi konflik di dalam masyarakat adalah ....
A. toleransi
B. tenggang rasa
C. diskriminasi
D. kedudukan yang sama
7. Berikut ini adalah akibat yang ditimbulkan oleh sikap diskriminasi terhadap ras tertentu, kecuali ....
A. tidak tercapainya hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar sesama manusia
B. kesulitan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
C. tercapainya tujuan nasional Negara Kesatuan republik Indonesia
D. terjadi pelanggaran hak asasi manusia
8. Istilah Bhinneka Tunggal Ika berasal dari kitab Sutasoma karangan ....
A. Mpu Sedah
B. Mpu Tantular
C. Mpu Prapanca
D. Mpu Panuluh
9. Bhinneka Tunggal Ika dalam Pancasila dituangkan dalam sila ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
10. Yang bukan merupakan makna Bhinneka Tunggal Ika seperti tertuang dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 adalah ....
A. mendorong kukuhnya persatuan Indonesia
B. saling menghormati dan mencintai antarsesama
C. menumbuhkan sikap sukuisme
D. meningkatkan nilai gotong royong dan solidaritas masyarakat
11. Di bawah ini yang termasuk alat- alat pemersatu bangsa adalah ....
A. Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, kondisi geografis
B. Bahasa Indonesia, Bendera Merah Putih, Pancasila
C. Lagu kebangsaan, Pancasila, agama
D. Pancasila, kondisi geografis, bahasa daerah
12. Jaminan kehidupan masyarakat yang berBhinneka Tunggal Ika tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
13. Sesuai dengan batang tubuh UUD 1945 pasal 1 ayat (1), Negara Indonesia ialah negara ....
A. perserikatan
B. persemakmuran
C. kesatuan
D. kepulauan
14. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi sangat penting ditengah keberagaman masyarakat untuk dipahami, dihayati dan dilaksanakan nilai- nilainya. Hal tersebut untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang ....
A. kuat, mampu dan merdeka
B. selaras, serasi dan seimbang
C. maju, bebas, dan kuat
D. merdeka, kuat, dan adidaya
15. Menganggap suku bangsa sendiri lebih maju, unggul, dan baik disebut sifat ....
A. ekstrimisme
B. primordialisme
C. chauvinisme
D. sekularisme
16. Di bawah ini yang bukan termasuk nilai- nilai budaya untuk mempersatukan bangsa Indonesia adalah ....
A. gotong royong
B. rasisme
C. toleransi
D. tenggang rasa
17. Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
A. tidak mau bergaul dan berbaur dengan suku lain
B. perasaan senasib sepenanggungan
C. kepentingan pribadi lebih penting daripada kepentingan golongan
D. menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lainnya
18. Contoh perilaku toleran dapat tercermin dari perilaku berikut ini, kecuali ....
A. menghormati umat lain yang sedang mengerjakan ibadah agamanya
B. memberi kesempatan umat lain untuk menjalankan ibadah agamanya
C. berusaha mempelajari ajaran agama lain
D. membantu teman yang tertimpa musibah tanpa memandang keyakinan mereka
19. Perilaku toleran dalam berbagai aspek kehidupan dapat memperkuat ....
A. integrasi bangsa
B. disintegrasi bangsa
C. sifat rasisme
D. rasa kedaerahan
20. Saat pemeluk agama lain menjalankan ibadah agamanya, hal yang patut dilakukan adalah ....
A. ikut serta menjalankan ibadah agama mereka
B. membuat keramaian disekitar tempat ibadahnya
C. mengganggu mereka agar tidak khusuk menjalankan ibadahnya
D. bersikap tenang dan tidak membuat gaduh
21. Dalam kehidupan sekolah sikap toleran dapat ditunjukkan dengan ....
A. menghargai dan menghormati semua pemeluk agama
B. mengakui dan menghargai hak asasi manusia
C. Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari
D. mematuhi tata tertib sekolah
22. Perilaku yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberadaan ras dan suku di Indonesia adalah ....
A. memandang rendah ras orang lain
B. menonjolkan perbedaan ras
C. mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan ras masing- masing
D. bersikap bahwa setiap ras memiliki harkat dan martabat yang berbeda
23. Contoh perbuatan yang mencerminkan perasaan bangga terhadap bangsa Indonesia adalah ....
A. menganggap budaya barat sebagai budaya modern yang harus dicontoh
B. menggunakan produk- produk buatan anak negeri
C. berjalan- jalan keluar negeri saat memiliki uang
D. selalu menggunakan bahasa asing dalam pergaulan sehari- hari
24. Berikut ini adalah manfaat penanaman sikap toleransi dalam keberagaman bangsa Indonesia kecuali ....
A. terciptanya kehidupan masyarakat yang tenteram
B. terwujudnya persatuan bangsa
C. terciptanya kelompok dan golongan baru dalam masyarakat
D. kemudahan dalam mewujudkan tujuan nasional
25. Sila ketiga memiliki makna bahwa ....
A. kepentingan umum dan pribadi dilaksanakan secara bersamaan
B. kepentingan umum lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi
C. kepentingan umum penting sedangkan kepentingan pribadi tidak penting
D. kepentingan pribadi lebih penting daripada kepentingan umum
Post a Comment
Post a Comment