-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Macam Macam Penyerbukan Beserta Gambarnya [Lengkap]

Post a Comment
Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui macam macam penyerbukan tersebut secara lengkap beserta gambar dan contoh-contohnya.

Macam Macam Penyerbukan

Penyerbukan pada flora sanggup dibedakan menurut 2 hal, yaitu menurut perantaranya dan menurut asal serbuk sarinya. Berdasarkan perantaranya, penyerbukan dibedakan menjadi 4 macam, yaitu penyerbukan dengan pertolongan angin (anemogami), binatang (zoidiogami), air (hidrogami), dan penyerbukan oleh insan (antropogami).

Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui  Macam Macam Penyerbukan beserta Gambarnya [Lengkap]

1. Penyerbukan dengan pertolongan angin (anemogami)
Penyerbukan anemogami yaitu penyerbukan pada bunga flora yang terjadi sebab adanya pertolongan angin. Angin menium serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya sehingga ia sanggup masuk ke dalam kepala putik. Tumbuhan yang menyerbuk dengan pertolongan angin umumnya mempunyai ciri-ciri khusus pada bunganya. Ciri-ciri penyerbukan angin tersebut yaitu :
  1. mahkota bunga berukuran kecil,
  2. warna bunga tidak mencolok,
  3. memiliki tangkai sari yang panjang,
  4. tidak mempunyai kelenjar madu (nektar),
  5. serbuk sarinya ringan, banyak, dan berbulu, dan
  6. kepala putiknya besar dan kadang berbulu.

Adapun beberapa referensi flora yang menyerbuk dengan pertolongan angin ternyata aneka macam jenisnya. Beberapa di antaranya yaitu padi, jagung, kelapa sawit, kepala, dan lain sebagainya. Tumbuhan-tumbuhan tersebut mempunyai bunga dengan ciri-ciri menyerupai disebutkan di atas.

2. Penyerbukan dengan pertolongan binatang (zoidiogami)
Penyerbukan zoidiogami yaitu penyerbukan yang terjadi pada flora sebab pertolongan binatang sebagai perantaranya. Hewan yang sering membantu penyerbukan di antaranya yaitu serangga kupu-kupu, lebah, kelelawar, bekicot, dan burung. Tumbuhan yang proses penyerbukannya dibantu oleh binatang umumnya mempunyai beberapa ciri pada belahan bunganya. Ciri-ciri penyerbukan oleh binatang di antaranya:
  1. warna mahkota mencolok,
  2. makota bunganya besar,
  3. memiliki bau yang khas (harum), dan
  4. memiliki kelenjar madu (nektar).

Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui  Macam Macam Penyerbukan beserta Gambarnya [Lengkap]

Di antara macam macam penyerbukan lainnya, penyerbukan dengan pertolongan binatang dan angin terbilang sebagai penyerbukan yang paling sering terjadi. Keduanya sanggup terjadi pada flora yang sama. Adapun untuk penyerbukan yang khusus terjadi sebab pertolongan binatang di antaranya bunga mawar, melati, bunga kenanga, bunga sepatu, dan lain sebagainya. Anda sanggup mencari contoh-contoh lain pada flora di sekitar Anda. Jika bunga pada flora tersebut sering dihinggapi kupu-kupu atau lebah, maka ia sanggup dimasukan ke dalam referensi flora yang menyerbuk dengan pertolongan hewan.

3. Penyerbukan dengan pertolongan air (hidrogami)
Pada beberapa flora tertentu, penyerbukan sanggup terjadi hanya dengan pertolongan air sebagai perantaranya. Air yang membantu penyerbukan berupa air hujan yang kemudian merontokan serbuk sari dengan tumpahan dan membawanya mendekati kepala putik. Bunga yang menyerbuk dengan pertolongan air tidak mempunyai ciri khusus. Sementara referensi tumbuhannya sendiri contohnya ganggang dan hydrilia.

Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui  Macam Macam Penyerbukan beserta Gambarnya [Lengkap]

4. Penyerbukan dengan pertolongan insan (antropogami)
Tumbuhan tertentu mempunyai letak dan kedudukan organela bunga yang tidak memungkinkan tejadinya proses penyerbukan dengan pertolongan angin, hewan, atau air. Penyerbukan pada tumbuhan-tumbuhan ini sanggup dioptimalkan dengan pertolongan manusia. Adapun ciri-ciri flora yang penyerbukannya harus dibantu dengan insan adalah:
  1. memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu duduk bunga (bunga tunggal).
  2. kepala putiknya dalam kondisi tertutup sehingga tidak memungkinkan masuknya kepala putik tanpa dibuka terlebih dahulu.
  3. serbuk sari sulit rontok.

Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui  Macam Macam Penyerbukan beserta Gambarnya [Lengkap]

Adapun beberapa referensi flora yang penyerbukannya dilakukan dengan pertolongan insan di antaranya flora vanili, salak, buah naga, dan semangka. Penyerbukan dengan pertolongan insan dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembuahan sehingga buah-buah yang diperoleh dari flora tersebut nantinya akan banyak.

Macam Macam Penyerbukan menurut Asal Serbuk Sari

Selain sanggup dibedakan menurut perantaranya, macam macam penyerbukan juga sanggup dibedakan menurut asal serbuk sarinya. Ya, menurut asal serbuk sarinya, penyerbukan sanggup dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), dan penyerbukan silang (alogami).

Perkembangbiakan secara generatif pada flora berlangsung melalui  Macam Macam Penyerbukan beserta Gambarnya [Lengkap]

1. Penyerbukan sendiri (autogami)
Penyerbukan autogami yaitu penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan autogami umumnya tidak menghasilkan keturunan bervariasi. Selain itu, ciri penyerbukan jenis ini yaitu bunganya termasuk bunga tepat (hermaprodit) yang mempunyai kelamin jantan dan betina dalam satu bunga saja. Contoh flora yang sanggup melaksanakan penyerbukan sendiri yaitu bunga turi, bunga sepatu, bunga telang, dan lain sebagainya.

2. Penyerbukan tetangga (geitonogami)
Penyerbukan geitonogami yaitu penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora tersebut. Penyerbukan tetangga terjadi sebab bunga jantan dan bunga betina pada flora tersebut tidak berada dalam satu bunga. Contoh penyerbukan tetangga contohnya terjadi pada flora jagung, kelapa, kelapa sawit, dan lain sebagainya.

3. Penyerbukan silang (alogami)
Penyerbukan alogami yaitu adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora lainnya yang masih sejenis. Penyerbukan alogami atau penyerbukan silang kerap disebut dengan istilah persilangan. Penyerbukan silang umumnya menghasilkan variasi keturunan sebab perpaduan 2 sifat flora induk. Semua flora sanggup melaksanakan penyerbukan silang, utamanya dengan pertolongan manusia.

4. Penyerbukan bastar (hybridogamy)
Penyerbukan hybridogamy yaitu penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora lainnya yang berbeda jenis atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat beda. Contohnya penyerbukan bastar contohnya serbuk sari jambu kerikil berdaging merah menyerbuki putik dari jambu kerikil berdaging putih.

Nah, demikian sekilas klarifikasi yang sanggup kami sampaikan ihwal macam macam penyerbukan beserta gambarnya, baik menurut mediator maupun menurut asal serbuk sarinya. Semoga bermanfaat dan cukup lengkap sehingga sanggup membantu Anda dalam memahami pelajaran di sekolah. Salam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads