-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Menghilangkan Biang Keringat

Post a Comment
Biang keringat sering muncul saat udara terasa begitu panas menyengat. Biang keringat ini biasanya akan muncul saat cuaca sedang panas dan akan menghilang saat cuaca dingin. Oleh sebab itu saat udara atau cuaca sedang panas ada baiknya ibu yang memiliki bayi atau orang yang terkena biang keringat menghindari panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan akan menyebabkan anda akan semakin berkeringat. Akibatnya jika terus berkeringat akan membat bintil-bintik biang keringat semakin parah dan semakin terasa gatal.

Tempat yang lembab juga akan membuat biang keringat semakin bertambah parah. Jika anda sedang mengalami biang keringat sebaiknya anda menghindari cuaca yang lembab. Cuaca yang lembab seperti udara pegunungan dan angin pantai sebaiknya anda hindari agar biang keringat tidak semakin gatal.

Biang keringat merupakan ruam kemerahan yang menonjol pada permukaan kulit. Ruam kemerahan tersebut biasanya terasa gatal dan kadang juga disertai dengan sensasi rasa panas. Aktivitas di luar ruangan terlebih di siang hari seringkali menjadi penyebab biang keringat pada anak. Ruam bisa muncul di seluruh tubuh. Namun seringkali ia hanya muncul di daerah lipatan kulit seperti ketiak, lipatan siku, selangkangan dan leher.

Siapa yang paling rentan mengalami biang keringat?

Balita paling berisiko mengalami penyebab biang keringat. Pemberian obat biang keringat pada balita juga harus dengan petunjuk dokter untuk menghindari terjadinya alergi atau iritasi kulit. Hal ini terjadi karena kelenjar keringat pada kulit balita masih belum berkembang dengan sempurna. Akibatnya keringat seringkali tertahan di bawah lapisan kulit sehingga menekan pori-pori. Ruam kemerahan selanjutnya muncul saat ada intervensi bakteri. Kondisi ini juga bisa dialami oleh anak anak usia 5 tahun ke atas dan orang dewasa, terutama saat cuaca panas dan lembab.

Penyebab biang keringat pada anak
Terdapat beragam faktor yang bisa menjadi penyebab biang keringat, terutama pada anak. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Cuaca panas dan suhu lembab
Salah satu penyebab biang keringat ialah cuaca panas dan suhu yang lembab. Keduanya merangsang kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat dalam jumlah yang berlebih. Keringat berlebih yang bercampur dengan kuman bisa berkembang menjadi penyebab biang keringat.

Pakaian yang kurang menyerap keringat
Jika badan sedang berkeringat dan pakaian tidak bisa menyerap keringat, maka itu akan membuat kulit lembab dan rentan terhadap penyebab biang keringat.

Makanan
Makanan yang terlalu pedas bisa memicu produksi keringat berlebih yang menjadi penyebab biang keringat. Kondisi yang sama juga bisa Anda alami saat mengonsumsi makanan yang masih dalam keadaan panas.

Kelenjar keringat yang belum berkembang
Kondisi ini umumnya dialami balita, sehingga menyebabkan balita menjadi rentan mengalami penyebab biang keringat. Selalu sediakan tisu basah maupun kering sebagai cara mengatasi biang keringat pada balita dan anak-anak.

Cara mengatasi biang keringat yang bisa anda coba adalah dengan membuat ruangan sesejuk mungkin. Anda bisa membantunya menggunakan AC atau kipas angin. Atur udara di dalam ruangan sedemikian rupa agar ruangan terasa sejuk. Udara yang sejuk mampu membuat rasa gatal semakin berkurang dan bisa menghilangkan bintik biang keringat tersebut.

Agar bisa mengurangi gejala biang kerigat yang muncul sebaiknya anda menjaga kebersihan kulit anda. Tidak hanya itu saja, sebaiknya anda juga menjaga agar kulit tetap dingin. Kulit dingin dipercaya bisa menurunkan keringat. Menjaga kulit tetap dingin ini bisa anda lakukan dengan cara mandi atau berendam di air dingn. Hal tersebut akan membuat tubuh anda semakin terasa sejuk dan terhindar dari keringat yang berlebihan.

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati biang keringat adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar. Tentu anda sudah tahu apa hubungannya pakaian yang longgar dengan biang keringat?. Pakaian yang longgar akan membuat tubuh merasakan lebih rileks. Berbeda dengan pakaian ketat yang terlalu menekan tubuh. Pakaian ketat yag terlalu menekan tubuh akan membuat tubuh semakin berkeringat. Efeknya adalah biang keringat akan semakin menjadi gatal akibat keringat yang berlebihan. Oleh sebab itu bagi anda yang memiliki biang keringat sebaiknya menghindari membuat tubuh berkeringat berlebihan.

Ada cara alami yang bisa nda gunakan untuk mengatasi biang keringat yang membandel. Bagi anda yang tidak suka dengan cara kimia anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan biang keringat yang menempel di kulit anda. Selama ini memang madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu dipercaya sebagai pelembab alami dan juga humektan.

Cara mengatasi biang keringat pada anak
Biang keringat bisa sembuh dengan sendiri setelah menjaga kulit tetap kering, atau dengan menggunakan obat biang keringat. Terdapat beberapa jenis obat biang keringat yang bisa Anda gunakan. Ada yang berupa bedak dingin, salep atau krim, sabun antiseptik dan losion. Obat tersebut bisa Anda peroleh melalui apotek. Namun khusus untuk kasus biang keringat parah yang bernanah, penggunaan obat tersebut sebaiknya disertai dengan petunjuk dokter.

Tips mencegah biang keringat
1. Berikut ada beberapa cara mencegah dan cara megatasi biang keringat yang bisa Anda lakukan.
2. Membatasi aktivitas di tempat yang panas dan lembab

Beraktivitas di tempat yang panas dan lembab bisa menjadi salah satu penyebab biang keringat. Kelenjar keringat jadi terangsang untuk mengeluarkan lebih banyak keringat. Namun jika memang Anda terpaksa harus beraktivitas di tempat yang panas dan lembab, segeralah mandi setelah beraktivitas agar tubuh kulit tetap segar.

Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat
Mengenakan pakaian yang terlalu ketat juga bisa menjadi penyebab biang keringat. Hal ini terjadi akibat pori-pori kulit yang mengalami tekanan akibat pakaian yang terlalu ketat. Akibatnya pengeluaran keringat menjadi tidak lancar dan berdampak pada biang keringat. Apabila Anda atau si kecil rentan mengluarkan keringat, cara mengatasi biang keringat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pakaian yang sedikit longgar dan berbahan mudah menyerap keringat.

Pertimbangkan mandi dengan air dingin
Menjaga kulit tetap bersih dengan mandi memang penting untuk mencegah biang keringat, namun akan lebih baik jika menggunakan air dingin, karena air hangat meningkatkan kinerja kelenjar keringat, dan dapat menjadi penyebab biang keringat.

Biang keringat memang bukan masalah kesehatan serius. Namun dampaknya bisa menjadi sangat serius jika tidak segera ditangani dengan baik. Terlebih jika penyebab biang keringat menyerang balita. Mereka tentunya membutuhkan dukungan Anda dalam hal perawatan dan cara mengatasi biang keringat. Dengan adanya informasi mengenai penyebab biang keringat, gejala biang keringat, cara mengatasi biang keringat dan juga obat biang keringat tadi diharapkan Anda bisa lebih mudah melakukan pencegahan terhadap gangguan kesehatan yang menyerang kulit ini. Semoga bermanfaat!

Sumber & waktu akses:
alodokter.com/biang-keringat
webmd.boots.com/skin-problems-and-treatments/guide/prickly-heat-rash
medicalnewstoday.com/articles/181512.php
mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-rash/basics/definition/con-20033908
http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1296002


Referensi Pencarian :
cara menghilangkan biang keringat di wajah
cara menghilangkan biang keringat di wajah secara alami dan cepat
cara menghilangkan biang keringat di hidung
cara menghilangkan biang keringat di wajah remaja
tips dan trik menghilangkan biang keringat
cara menghilangkan biang keringat di punggung
cara menghilangkan biang keringat dengan baking soda
cara menghilangkan biang keringat di selangkangan

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads