Cara Membuka HP Android yang Lupa Kata Sandi - Ampuh !!!

Cara Membuka HP Android yang Lupa Kata Sandi - Ampuh !!!

Membuka HP Android yang Lupa Kata Sandi / Pola Sandi Smartphone - Mengunci smartphone merupakan suatu keharusan untuk mengamankan smartphone kamu dari tangan orang-orang jahil. Di smartphone Android, sandi yang tersedia dapat berupa pola, kombinasi angka dan huruf (password), PIN, atau sensor fingerprint.

Sayangnya, entah bagaimana ceritanya tak jarang pengguna smartphone kemudian lupa dengan sandi yang sudah ditentukan sebelumnya. Akibatnya, perangkat Android pun jadi tidak bisa diakses.


Reset Ulang Smartphone Android dengan cara “Recovery mode” akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:

1. Bila HP Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).

2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.

3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.

4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.


Sebelum mengulas mengenai Cara Membuka HP Android yang Lupa Kata Sandi - Ampuh !!! mari simak lebih dahulu penjelasan singkat mengenai bebrapa hal penting berikut ini :

1. Kunci Usap
Kunci layar dengan Usap tingkat keamanannya tidak ada atau tanpa pengaman, cara membuka layar yang dikunci dengan kunci ini tergolong mudah, tinggal mengusap/ menggeser layar ke kiri atau kekanan, siapapun bisa dengan mudah untuk membuka kuncinya.

2. Kunci Pola
Kunci layar dengan Pola tingkat keamanannya sedang, kunci ini berupa sebuah titik didalam lingkaran-lingkaran kecil, ada sembilan titik didalam lingkaran yang terletak dilayar peragkat, cara membuka kunci ini yaitu dengan menggambar pola pada titik-titik tersebut minimal empat titik, garis yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya pada saat kunci dibuka akan membentuk sebuah pola, meskipun hanya berupa sebuah titik tapi kunci ini tidak mudah untuk ditebak atau di acak,

3. Kunci Pin
Kunci layar dengan Pin tingkat keamanannya tinggi, seseorang tidak akan bisa membuka kunci ini tanpa mengetahui Pinnya, jumlah angka yang bisa dijadikan Pin minimal empat digit, semakin banyak angka yang dijadikan Pin akan semakin sulit untuk di acak.

4. Kunci Kata Sandi (Password)
Kunci layar dengan Kata Sandi (Password) tingkat keamanannya sangat tinggi, kunci ini dibuat dengan huruf/ kata minimal empat karakter, maksimal enam belas karakter. Jika dibandingkan dengan tiga kunci lainnya Kata Sandi ini adalah yang paling aman, mustahil seseorang akan bisa menjebol kunci ini dengan cara menebak atau mengacaknya.

Tujuan disediakannya fitur Kunci layar pada HP berbasis android adalah untuk melindungi perangkat dari pengguna lain tanpa seizin pemilik, siapapun yang mencoba untuk membuka perangkat tanpa sepengetahuan pemilik tidak akan bisa melakukannya, dengan begitu privace pemilik akan terjaga.

Pada fitur Kunci layar pengguna diberi kebebasan untuk mengatur Pola, Pin atau Kata Sandi sesuai dengan keinginannya, dengan begitu pemilik perangkat bisa membuat kunci yang rumit agar tidak mudah dijebol orang lain, sayangnya karena terlalu rumit kunci yang dibuat kadang menyebabkan lupa bagi pembuatnya sendiri, akibatnya pemilik perangkat akan memasukan Pola, Pin atau Kata Sandi yang salah, jika kesalahan ini dilakukan terus menerus maka kunci layar ini akan terblokir dan tidak akan bisa lagi memasukan Pola, Pin atau Kata Sandi yang benar.

Untuk berjaga-jaga supaya tidak kesulitan ketika suatu saat lupa Pola, Pin atau Kata Sandi, setiap kali melakukan perubahan pada Kunci layar tersebut buat juga salinannya dibuku catatan, apabila anda terlanjur membuat kesalahan yang membuat Pola, Pin atau Kata sandi anda terblokir, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membukanya kembali, silahkan coba 3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android dibawah ini satu persatu!

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Paling Ampuh Sejauh Ini
1. Menggunakan Android Device Manager
Cara membuka HP yang lupa kata sandi yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan, kamu masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet.

Cara membuka hp yang lupa kata sandi menggunakan adm
Sekarang buka link Android Device Manager, di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang kamu lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya kamu sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

2. Gunakan Fitur Forgot pattern
Jika perangkat kamu masih menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, kamu masih bisa menggunakan fitur Forgot pattern. Setelah 5 usaha yang gagal, kamu akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Dari situ, kamu pilih Forgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.

Biasanya ada dua metode yang tersedia, yakni menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google kamu. Jika kamu memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau kamu juga dapat mengubahnya saat itu juga.

3. Gunakan ADB untuk Menghapus Password
Cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan USB Debugging dan kamu memiliki komputer yang sudah pernah kamu hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika kamu sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini.

Mulailah dengan menghubungkan smartphone kamu ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB kamu. Dari sini, ketik perintah berikut, kemudian tekan Enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key

Selanjutnya, reboot smartphone kamu dan seharusnya sandi di lockscreen kamu sudah tidak ada. Tapi ini hanya sementara, jadi pastikan kamu menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

4. Gunakan Safe Mode
Seperti yang kamu ketahui, banyak banget aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa di antaranya sangat mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, hingga status baterai. Namun, terkadang ada bug dan tiba-tiba kamu sudah tidak masuk ke smartphone kamu.

Nah, jika permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa coba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis dan merek smartphone kamu. Kamu bisa browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone kamu.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang sementara akan dinonaktifkan. Dari sini, kamu dapat langsung uninstall aplikasi tersebut dan kemudian reboot smartphone kamu untuk keluar dari Safe Mode.

5. Lakukan Factory Reset
Jika semua cara membuka HP yang lupa kata sandi di atas sudah kamu lakukan dan tidak dapat bekerja juga. Cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Itu artinya kamu harus merelakan semua data yang tersimpan di memori internal kamu. Factory Reset adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola paling ampuh.

Nah untuk proses masuk ke Recovery Mode ini bervariasi tergantung pada jenis dan merek smartphone kamu. Gampang deh, kamu tinggal browsing. Tetapi biasanya dimulai dengan mematikan smartphone dan menyalakannya, ketika layar hitam pergi, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke "Recovery mode".

Dari sini, gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses selesai, pilih Reboot system now dan smartphone kamu kembali dalam keadaan baru lagi.

Cara 6. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Forgot Pattern

Untuk dapat melakukan cara ini syaratnya:
1. Smartphone anda adalah versi 4.4 (kitkat) kebawah.
2. Hapal alamat email dan password yang digunakan pada smartphone yang terkunci.
3. Layanan data aktif, dibutuhkan sambungan internet untuk masuk keakun google yang digunakan pada smartphone yang terkunci, bisa juga dengan Wifi jika sebelum perangkat terkunci dalam keadaan on dan dapat terhubung otomatis keperangkat lain.

Langkah-langkahnya:

a. Masukan Pola atau Pin semaunya sampai terblokir dan muncul Opsi “Forgot Pattern”

b. Klik Opsi “Forgot Pattern”

c. Pilih “Google account” masukan email dan password yang digunakan pada perangkat yang terkunci, akan menerima perintah “unlock password” , Setelah menerima perintah ini biasanya perangkat sudah bisa di buka.

d. Buka Pengaturan, pilih fitur Kunci layar dan Non aktifkan Pola atau Pin!

Cara 7. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Panggilan Telpon

Langkah-langkahnya:

a. Panggil handphone yang terkunci menggunakan handphone lain!

b. Jawab dan biarkan tetap tersambung!

c. Tekan tombol home jika berhasil masuk, Pilih menu!

Jika tidak berhasil masuk HP anda tidak suport, ganti dengan cara yang lainnya!

d. Buka fitur kunci layar dan non aktifkan, jika tidak berhasil membukanya karena benar-benar sudah lupa, lanjutkan pada langkah berikutnya!

e. Setelah berhasil masuk menu aktifkan data atau Wifi, sign in ke google menggunakan akun yang digunakan oleh HP yang terkunci, setelah sign in biasanya Pola, Pin atau Kata sandi bisa di nonaktifkan.

f. Buka lagi fitur kunci layar dan nonaktifkan!

Cara 8. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Factory Reset

Cara ini adalah yang paling sering saya gunakan untuk membuka Pola, Pin atau Kata Sandi, hampir selalu berhasil diterapkan disemua HP berbasis android.

Jika membuka Pola, Pin atau Kata Sandi dengan Factory Reset semua aplikasi yang diinstal akan ikut terhapus hanya aplikasi bawaan pabrik yang akan tetap ada. Untuk meminimalisir kehilangan data cabut memory card sebelum mencoba cara ini!

Langkah-langkahnya:

a. Matikan HP!

b. Dalam keadaan mati tekan tombol Power + Volume up + Home secara bersamaan!

Jika tidak berhasil masuk ganti menjadi Power + Volume down + Home secara bersamaan!

c. Jika berhasil akan masuk “android system recovery”

d. Cari “wife data/factory reset” gunakan tombol Volume up untuk bergeser keatas dan volume down untuk bergeser kebawah dan tombol Power untuk memilih/Ok.

e. Muncul lagi pilihan cari “yes - - delete all user data”

f. Setelah memilih “yes - - delete all user data” semua pengaturan termasuk Pola, Pin dan Kata Sandi akan direset.

g. Pilih “Reboot sytem now”

h. Setelah memilih “Reboot sytem now”HP akan restart dan kembali kepengaturan awal

Setelah melakukan Factory Reset akun google yang terpasang di HP akan ikut terhapus, untuk memperlancar aktivitas berinternet akun google harus dipulihkan atau diganti dengan yang baru, caranya:

a. Pilih pengaturan

b. Cari “akun”

c. Pilih “Tambah akun”

d. Pili “google”, akan ada dua pilihan “yang sudah ada” dan “baru”

e. Jika anda hapal akun google dan passwordnya yang pertama pilih “sudah ada” isi semua data yang diminta!

f. Jika tidak hapal akun google dan passwordnya yang pertama pilih “baru” isi semua data yang diminta!

Itulah  cara membuka kunci HP yang lupa kata sandi paling ampuh sejauh ini. Karena banyaknya jenis dan merek Android, memang tidak ada metode yang benar-benar baku untuk diterapkan. Jika kamu mengetahui cara lain, kamu bisa berbagi info di kolom komentar di bawah ini.

Share this:

Disqus Comments