-->

Ad Unit (Iklan) BIG

RPP IPS Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Kurikulum 2013

Post a Comment
Perangkat pembelajaran dapat diartikan sebagai sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Postingan ini berisi RPP IPS Kelas 7, 8, 9 SMP MTs Kurikulum 2013.

Silabus mata pelajaran pada Kurikulum 2013 adalah pedoman dalam menyusun rencana kegiatan pembelajaran di setiap mata pelajaran.

Secara garis besar, silabus mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.

Hubungan logis antar berbagai komponen dalam silabus dari setiap mata pelajaran merupakan langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

Silabus mata pelajaran dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa. Buku siswa memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik, dan evaluasi pembelajaran.

Silabus juga menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, untuk semua kajian mata pelajaran, atau pun pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan standar kompetensi, lulusan dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.


  • Kompetensi Inti




Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.

Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.


  • Kompetensi Dasar




Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.


  • Indikator Pencapaian Kompetensi




Indikator pencapaian kompetensi merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, proses yang menggambarkan ketercapaian suatu Kompetensi Dasar.

Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, misalnya : mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menceritakan, menyimpulkan, mempraktikkan, mendeskripsikan, dan mendemonstrasikan.

Guru dapat mengembangkan setiap kompetensi dasar menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil belajar sesuai keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.

Indikator merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan


  • Kegiatan Pembelajaran




Kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan pendekatan saintifik.

Selain itu juga melalui berbagai model pembelajaran dan strateginya, disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.


  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan ruang yang cukup.

Berikut ini admin bagikan RPP IPS Kelas 7 8 9 SMP MTs Kurikulum 2013. Bapak/Ibu Guru dapat melakukan pengembangan sendiri perangkat pembelajaran ini sesuai dengan kondisi yang Bapak/Ibu Guru inginkan.

Download Juga :

  1.  RPP PPKN Kelas 7 8 9 SMP K13 Update 2019

  2. RPP IPA Kelas 7 8 9 SMP K13 Update 2019

  3. RPP MTK Kelas 7 8 9 SMP K13 Update 2019


Download Silabus dan RPP IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Download Silabus dan RPP IPS Kelas 8 SMP MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus IPS Kelas 8 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP IPS Kelas 8 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Download Silabus dan RPP IPS Kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus IPS Kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP IPS Kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Iklan