Membandingkan Isi, Pola Penyajian, serta Bahasa Teks Nonsastra - Dua
buah teks dapat memiliki kesamaan tema atau informasi. Membandingkan dan
mencari kesamaan teks dapat dilakukan dengan cara membaca kedua teks tersebut
secara keseluruhan. Membaca teks tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi juga
dilakukan berulang-ulang agar lebih mudah menentukan kesamaannya. Teks dapat
dibandingkan melalui isi, pola penyajian dan bahasanya.
Cara
Mencari Perbedaan Penyajian Teks
Sebuah teks memuat informasi atau
masalah. Penyajian informasi atau masalah dalam teks dapat berbeda. Perbedaan
tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan berikut.
- Apa untuk menanyakan masalah, peristiwa, atau kejadian yang dibahas dalam teks
- Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks
- Dimana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks
- Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa yang dibahas dalam teks
- Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan, masalah, peristiwa atau kejadian dalam teks
- Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks
Contoh Soal dan Pembahasan Isi, Pola Penyajian, serta Bahasa Teks Nonsastra
Teks
berikut untuk soal nomor 1-3
Teks I
Warna-warni Indonesia dirayakan di Pasar
Jibama, Wamena, Papua. Ikan-ikan sungai dan danau, mulai lele hingga ikan yang
berukuran sepaha orang dewasa dan wujudnya sulit ditemui di kawasan lain
Nusantara, dijajakan penduduk lokal. Mereka, umumnya kaum pria, menggelar
begitu saja dagangannya di sudut-sudut pasar, diantara noken dan peranti
menyirih mereka. Sementara itu, para mama menyajikan pinang dan ubi, baik yang
berupa umbi maupun daun hingga daun bunga yang mereka sebut kembang kertas, Helichrysum bracteatum yang mekarnya
terbilang awet.
Teks II
Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, melalui
Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, terus
menata dan melakukan pembersihan di Kota Wamena serta pasar-pasar tradisional.
Kegiatan penataan dan pembersihan tersebut juga dilakukan di Pasar Jibama.
Jajaran Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindagkop Kabupaten Jayawijaya
melakukan pembersihan termasuk menata ulang para pedagang karena lahan parkir
pun digunakan untuk berjualan. Kepala Distrik Wamena Kota mengatakan bahwa
kegiatan pembersihan di Pasar Jibama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan
oleh jajarannya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperindah kondisi pasar
sehingga tidak terkesan kumuh.
1.Perbedaan
isi kedua teks tersebut adalah….
|
Teks
I
|
Teks
II
|
A.
|
Membahas kegiatan
di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Membahas kebersihan
di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
B.
|
Membahas pengunjung
di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Membahas penataan
ulang Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
C.
|
Membahas situasi di
Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Membahas kegiatan
penataan dan pembersihan di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
D.
|
Membahas proses
transaksi di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Membahas peresmian
Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
E.
|
Membahas kegiatan
jual beli di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Membahas tujuan
penataan dan pembersihan di Pasar Jibama, Wamena, Papua
|
Jawaban : C
2.Perbedaan
pola penyajian dalam kedua teks tersebut adalah….
|
Teks
I
|
Teks
II
|
A.
|
Diawali dengan
unsur apa
|
Diawali dengan
unsur siapa
|
B.
|
Diawali dengan
unsur bagaimana
|
Diawali dengan
unsur dimana
|
C.
|
Diawali dengan
unsur dimana
|
Diawali dengan
unsur apa
|
D.
|
Diawali dengan
unsur kapan
|
Diawali dengan
unsur bagaimana
|
E.
|
Diawali dengan
unsur mengapa
|
Diawali dengan
unsur kapan
|
Jawaban : A
3.Perbedaan
pemakaian bahasa dalam kedua teks tersebut adalah….
|
Teks
I
|
Teks
II
|
A.
|
Menggunakan
kosakata asli bahasa Indonesia
|
Menggunakan
kosakata bahasa asing
|
B.
|
Menggunakan bahasa resmi
|
Menggunakan bahasa
santai
|
C.
|
Menggunakan
kosakata bidang ilmu
|
Menggunakan kosa
kata umum
|
D.
|
Menggunakan
perumpamaan
|
Menggunakan bahasa
lugas
|
E.
|
Menggunakan bahasa
lugas
|
Menggunakan majas
|
Jawaban : C
4.Perhatikan
kedua teks berikut!
Teks I
Kabar bohong atau hoax tidak hanya bisa
menghinggapi orang-orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja. Fenomena ini
didukung oleh perkembangan informasi dan media sosial yang dekat dengan
generasi muda dan anak-anak tidak bisa dipisahkan sebagai sumber informasi.
Oleh karena itu, anak-anak memerlukan penegasan lagi perkara pihak pembuat
berita yang mereka baca, target pembacanya, pihak yang dibayar, dan pihak yang
diuntungkan atas berita tersebut. Anak-anak perlu dibimbing untuk menyaring
berita hoax.
Teks II
Kemunculan informasi atau berita hoax di
media sosial cukup memprihatinkan dan mendapatkan sorotan dari berbagai
kalangan. Masyarakat atau warganet diharapkan dapat mencermati berita hoax
sehingga informasi palsu itu tidak menyebar. Ada langkah yang dapat kita
lakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax. Pengguna bisa mengakses situs
turnbackhoax. Di dalamnya terdapat database informasi hoax. Dalam laman situs
tersebut, terdapat laporan yang dikategorikan berdasarkan berita palsu yang terbaru,
terpopuler dan teraktif.
Persamaan
isi kedua teks tersebut adalah….
A.Membahas
cara pembuatan berita hoax di media sosial
B.Membahas
cara pelaporan berita hoax di media sosial
C.Membahas
cara pencegahan berita hoax di kalangan anak-anak
D.Membahas
cara pencegahan penyebaran berita hoax di media sosial
E.Membahas
cara pencegahan dampak buruk media sosial bagi anak-anak
Jawaban : D
Post a Comment
Post a Comment