-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Materi Membandingkan Isi, Pola Penyajian, serta Bahasa Teks Nonsastra + Soal

Post a Comment

Membandingkan Isi, Pola Penyajian, serta Bahasa Teks NonsastraDua buah teks dapat memiliki kesamaan tema atau informasi. Membandingkan dan mencari kesamaan teks dapat dilakukan dengan cara membaca kedua teks tersebut secara keseluruhan. Membaca teks tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi juga dilakukan berulang-ulang agar lebih mudah menentukan kesamaannya. Teks dapat dibandingkan melalui isi, pola penyajian dan bahasanya.

Cara Mencari Perbedaan Penyajian Teks
Sebuah teks memuat informasi atau masalah. Penyajian informasi atau masalah dalam teks dapat berbeda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan berikut.
  1. Apa untuk menanyakan masalah, peristiwa, atau kejadian yang dibahas dalam teks
  2. Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks
  3. Dimana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks
  4. Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa yang dibahas dalam teks
  5. Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan, masalah, peristiwa atau kejadian dalam teks
  6. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks


Contoh Soal dan Pembahasan Isi, Pola Penyajian, serta Bahasa Teks Nonsastra


Teks berikut untuk soal nomor 1-3

Teks I
       Warna-warni Indonesia dirayakan di Pasar Jibama, Wamena, Papua. Ikan-ikan sungai dan danau, mulai lele hingga ikan yang berukuran sepaha orang dewasa dan wujudnya sulit ditemui di kawasan lain Nusantara, dijajakan penduduk lokal. Mereka, umumnya kaum pria, menggelar begitu saja dagangannya di sudut-sudut pasar, diantara noken dan peranti menyirih mereka. Sementara itu, para mama menyajikan pinang dan ubi, baik yang berupa umbi maupun daun hingga daun bunga yang mereka sebut kembang kertas, Helichrysum bracteatum yang mekarnya terbilang awet.

Teks II
       Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, melalui Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, terus menata dan melakukan pembersihan di Kota Wamena serta pasar-pasar tradisional. Kegiatan penataan dan pembersihan tersebut juga dilakukan di Pasar Jibama. Jajaran Distrik Wamena Kota dan Dinas Perindagkop Kabupaten Jayawijaya melakukan pembersihan termasuk menata ulang para pedagang karena lahan parkir pun digunakan untuk berjualan. Kepala Distrik Wamena Kota mengatakan bahwa kegiatan pembersihan di Pasar Jibama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh jajarannya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperindah kondisi pasar sehingga tidak terkesan kumuh.

1.Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah….


Teks I
Teks II
A.
Membahas kegiatan di Pasar Jibama, Wamena, Papua
Membahas kebersihan di Pasar Jibama, Wamena, Papua
B.
Membahas pengunjung di Pasar Jibama, Wamena, Papua
Membahas penataan ulang Pasar Jibama, Wamena, Papua
C.
Membahas situasi di Pasar Jibama, Wamena, Papua
Membahas kegiatan penataan dan pembersihan di Pasar Jibama, Wamena, Papua
D.
Membahas proses transaksi di Pasar Jibama, Wamena, Papua
Membahas peresmian Pasar Jibama, Wamena, Papua
E.
Membahas kegiatan jual beli di Pasar Jibama, Wamena, Papua
Membahas tujuan penataan dan pembersihan di Pasar Jibama, Wamena, Papua

Jawaban : C

2.Perbedaan pola penyajian dalam kedua teks tersebut adalah….

Teks I
Teks II
A.
Diawali dengan unsur apa
Diawali dengan unsur siapa
B.
Diawali dengan unsur bagaimana
Diawali dengan unsur dimana
C.
Diawali dengan unsur dimana
Diawali dengan unsur apa
D.
Diawali dengan unsur kapan
Diawali dengan unsur bagaimana
E.
Diawali dengan unsur mengapa
Diawali dengan unsur kapan

Jawaban : A

3.Perbedaan pemakaian bahasa dalam kedua teks tersebut adalah….

Teks I
Teks II
A.
Menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
Menggunakan kosakata bahasa asing
B.
Menggunakan bahasa resmi
Menggunakan bahasa santai
C.
Menggunakan kosakata bidang ilmu
Menggunakan kosa kata umum
D.
Menggunakan perumpamaan
Menggunakan bahasa lugas
E.
Menggunakan bahasa lugas
Menggunakan majas

Jawaban : C

4.Perhatikan kedua teks berikut!

Teks I
      Kabar bohong atau hoax tidak hanya bisa menghinggapi orang-orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja. Fenomena ini didukung oleh perkembangan informasi dan media sosial yang dekat dengan generasi muda dan anak-anak tidak bisa dipisahkan sebagai sumber informasi. Oleh karena itu, anak-anak memerlukan penegasan lagi perkara pihak pembuat berita yang mereka baca, target pembacanya, pihak yang dibayar, dan pihak yang diuntungkan atas berita tersebut. Anak-anak perlu dibimbing untuk menyaring berita hoax.

Teks II
      Kemunculan informasi atau berita hoax di media sosial cukup memprihatinkan dan mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan. Masyarakat atau warganet diharapkan dapat mencermati berita hoax sehingga informasi palsu itu tidak menyebar. Ada langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax. Pengguna bisa mengakses situs turnbackhoax. Di dalamnya terdapat database informasi hoax. Dalam laman situs tersebut, terdapat laporan yang dikategorikan berdasarkan berita palsu yang terbaru, terpopuler dan teraktif.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah….
A.Membahas cara pembuatan berita hoax di media sosial
B.Membahas cara pelaporan berita hoax di media sosial
C.Membahas cara pencegahan berita hoax di kalangan anak-anak
D.Membahas cara pencegahan penyebaran berita hoax di media sosial
E.Membahas cara pencegahan dampak buruk media sosial bagi anak-anak
Jawaban : D


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads