-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Jaringan Epitel : Fungsi, Ciri, Klasifikasi, Gambar, Dan Letaknya

Post a Comment
Jaringan yaitu struktur yang tersusun dari sel-sel dengan fungsi dan bentuk yang sama. Pada hewan, struktur jaringan terbagi menjadi 4 macam menurut proses spesialiasinya, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan syaraf. Masing-masing jaringan ini mempunyai fungsi yang saling berlainan untuk menunjang acara kehidupan. Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas satu persatu dari fungsi jaringan-jaringan tersebut didahului dengan membahas fungsi jaringan epitel.

Jaringan Epitel

Apakah jaringan epitel itu? Dimana letak jaringan ini berada? Bagaimana ciri-ciri jaringan epitel yang membedakannya dengan struktur jaringan lainnya pada badan hewan? Simak pembahasan berikut untuk sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan ini!

Jaringan yaitu struktur yang tersusun dari sel Jaringan Epitel : Fungsi, Ciri, Klasifikasi, Gambar, dan Letaknya

Fungsi Jaringan Epitel

Jaringan epitel yaitu jaringan yang berfungsi sebagai pembatas atau pelapis yang menyelubungi permukaan organ, rongga, maupun kanal di organ dalam maupun di organ luar tubuh. Jaringan epitel yang menyelubungi permukaan organ luar badan disebut jaringan epidermis, contohnya menyerupai pada kulit kita. Jaringan epitel yang menyelubungi organ dalam disebut jaringan endotelium. Sementara jaringan epitel yang membatasi rongga disebut jaringan mesotelium. Baik epidermis, endotelium, maupun mesotelium, semuanya menempel pada membran dasar jaringan ikat. Membran ini mengandung serat kolagen yang tertanam dalam matriks sebagai penyokong jaringan epitel.

Secara umum, fungsi jaringan epitel yaitu untuk membatasi atau  melindungi permukaan organ, rongga, maupun kanal di organ dalam maupun di organ luar tubuh. Namun, secara spesifik, fungsi jaringan epitel sangat bermacam-macam mulai dari sebagai alat pelindung, alat sekresi, alat peserta impuls, alat penyaring atau filtrasi, alat absorpsi, dan sebagai alat respirasi.

Ciri Ciri Jaringan Epitel

Jaringan epitel sanggup dibedakan dengan struktur jaringan lainnya dengan melihat adanya beberapa ciri spesifik. Ciri-ciri jaringan epitel tersebut yaitu:
  1. Jaringan epitel tidak mempunyai ruang antarsel sebab sel-sel dalam jaringan tersusun rapat.
  2. Jaringan epitel tidak mengandung pembuluh darah, tapi mempunyai ujung syaraf. Oleh sebab itu, sel-sel dalam jaringan epitel memperoleh masakan dari kapiler darah yang terdapat pada membran dasar jaringan ikat.
  3. Jaringan epitel mempunyai kemampuan regenerasi yang cukup tinggi sebab selama sel eputelium menerima pasokan nutrien, maka pembelahan sel sanggup berlangsung cepat untuk menggantikan sel sel yang rusak.

Klasifikasi Jaringan Epitel

Jaringan epitel sanggup diklasifikasikan menurut bentuk dan jumlah lapisannya. Berdasarkan bentuknya, fungsi jaringan epitel dibedakan menjadi epitelium pipih, epitelium kubus, dan epitelium batang. Epitelium pipih mempunyai nukleus yang berbentuk cakram, epitelirum kubus mempunyai nukleus berbentuk bulat, sedangkan epitelium batang mempunyai nukleus berbentuk oval memanjang. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis jaringan epitel beserta letaknya di dalam tubuh.

Jaringan yaitu struktur yang tersusun dari sel Jaringan Epitel : Fungsi, Ciri, Klasifikasi, Gambar, dan Letaknya

Adapun menurut jumlah lapisannya, jaringan epitel dibedakan menjadi epitelium selapis dan epitelium berlapis. Epitelium selapis tersusun dari satu lapisan sel yang sama, contohnya epitelium pipih selapis, batang selapis, kubus selapir, atau batang berlapis semu. Sementara epitelium berlapis yaitu jaringan epitel yang tersusun dari 2 atau lebih lapisan sel epitelium, contohnya epitelium pipih berlapis, epitelium kubus dan batang berlapis, epitelium transisional, dan epitelium kelenjar.

Letak Jaringan Epitel

Jaringan epitel terletak di organ luar maupun dalam badan hewan. Masing-masing organ tersebut dilapisi oleh jaringan epitel dengan struktur dan fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis dan fungsi jaringan epitel beserta letaknya pada organ badan hewan.
Jenis JaringanFungsiLetak
Epitelium pipih selapisSebagai alat penyaring dan respirasiEndotelium pada organ sirkulasi pembuluh darah, nimfa, dan jantung; mesotelium yang melapisi rongga perut, membran jantung, dan membran paru-paru.
Epitelium kubus selapisSebagai alat sekresi dan absorbsiSaluran kelenjar ludah, keringat, dan kanal ginjal.
Epitelium batang selapisSebagai alat sekresi, absorbsi, dan transpor ionSaluran pencernaan dari lambung hingga anus.
Epitelium batang berlapis semuSebagai alat sekresiBagian dalam kanal pernapasan.
Epitelium pipih berlapisSebagai pelindung dan peserta impulsEpidermis kulit, rongga mulut, va9ina, dan eskofagus.
Epitelium kubus dan batang berlapisSebagai alat sekresiSaluran besar kelenjar susu, ludah, dan pangkal esofagus.
Epitelium transisionalSebagai alat penyaringOrgan urinari menyerupai ureter dan kepingan dalam ginjal.
Epitelium kelenjarSebagai alat sekresiKelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin.
Nah, demikianlah pemaparan ihwal pengertian jaringan epitel, ciri, jenis-jenis, fungsi, dan letaknya. Semoga pembahasan fungsi jaringan epitel ini cukup lengkap dan sanggup dengan gampang dipahami. Artikel ini bersumber dari buku paket Biologi untuk kelas XI Sekolah Menengan Atas terbitan Erlangga karyaPratiwi dkk. Salam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads