-->

Ad Unit (Iklan) BIG

7 Rujukan Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, Dan Penjelasannya

Post a Comment
contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada kingdom animalia (hewan) serta pada kingdom plantae (tumbuhan).

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman hayati tingkat gen ialah keanekaragaman hayati yang menyebabkan variasi antar individu dalam satu spesies (jenis). Kita sanggup menemukan pola keanekaragaman hayati tingkat gen pada organisme di sekitar lingkungan kita, contohnya pada tumbuhan padi, mangga, jagung, pisang, maupun pada binatang ibarat ayam dan kambing.

sanggup terjadi pada beberapa tingkat kehidupan 7 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya

1. Keanekaragaman Hayati pada Padi

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen sanggup kita temukan pada tumbuhan padi. Bagi yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya ialah petani tentu keanekaramaan ini sudah kita kenal dengan adanya bermacam-macam varietas tumbuhan padi, contohnya varietas Ciherang, Muncul, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele, dan lain sebagainya. Masing-masing varietas ini mempunyai perbedaan baik dari segi ciri fisik daun, buah, batang, dan akar, ketahanan hidup, maupun dari segi umur tanam.

2. Keanekaragaman Hayati pada Mangga

Sama ibarat tumbuhan padi, tumbuhan mangga pun mempunyai keanekaragaman hayati tingkat gen. Bagi yang suka makan mangga tentu Anda mengenal beberapa ragam jenis mangga ibarat mangga manalagi, mangga golek, mangga gadung, mangga arum manis, atau mangga apel. Dari sisi buahnya, mangga-mangga tersebut mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda-beda, begitupun dari segi penampilan fisik tanamannya.

3. Keanekaragaman Hayati pada Jagung

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tumbuhan jagung. Para petani mengenal aneka macam varietas jagung yang akan ditanamnya. Jenis varietas yang dipilih biasanya diubahsuaikan dengan kondisi lingkungan penanaman, sebab setiap varietas mempunyai ketahanan yang berbeda pada kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa pola varietas tumbuhan jagung contohnya varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima, dan lain sebagainya.

sanggup terjadi pada beberapa tingkat kehidupan 7 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya

4. Keanekaragaman Hayati pada Pisang

Tanaman pisang juga mengenal beberapa varietas akhir adanya keanekaragaman hayati tingkat gen pada spesies Musa paradisiaca ini. kita mungkin mengenal adanya pisang dengan nama dan jenis yang bermacam-macam mulai dari pisang manado, pisang kepok, pisang muli, pisang raja nangka, pisang lilin, pisang siem, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis pisang ini mempunyai rasa dan bentuk buah yang berbeda, begitupun dengan ciri morfologis tanamannya.

5. Keanekaragaman Hayati pada Bunga kertas (bougenvil)

Bagi penyuka tumbuhan bunga, niscaya mengenal yang namanya bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas mempunyai bermacam-macam varietas yang ditunjukan dengan perbedaan warna bunga, bentuk daun, dan corak. Dengan teknik sambung atau okulasi, varietas bunga kertas biasanya disambungkan sehingga dalam satu tumbuhan sanggup tumbuh lebih dari satu warna bunga.

6. Keanekaragaman Hayati pada Ayam

Contoh keanekaragaman hayati bukan hanya sanggup terjadi di dunia tumbuhan. pada binatang juga kita sanggup menemukannya. Misalnya pada ayam. Kita mengenal beberapa jenis ayam, di antaranya ayam kampung, ayam bangkok, ayam cemani, ayam kate, dan lain sebagainya. Keragaman ayam ini ialah bukti dari adanya keanekaragaman hayati tingkat gen.

7. Keanekaragaman Hayati pada Kambing

Sejalur dengan ayam, dalam dunia kambing pun kita mengenal adanya pola keanekaragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawah yang menghasilkan daging dan susu, kambing alpen, kambing saanen, dan kambing boer ialah bukti dari adanya variasi tingkat gen dalam dunia kambing.

Nah, itulah beberapa contoh keanekaragaman hayati tingkat gen baik pada dunia binatang maupun tumbuhan. dengan contoh-contoh yang sudah dijelaskan biar Anda sanggup menangkap garis besar dari apakah itu keanekaragaman hayati tingkat gen. Nah, di artikel selanjutnya kita akan membahas keanekaragaman hayati tingkat jenis atau spesies, jadi jangan tutup dulu halaman ini. Salam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads