-->

Ad Unit (Iklan) BIG

3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri Dan Rujukan Bunga Yang Mengalaminya

Post a Comment
Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri - Berdasarkan asal serbuk sarinya, proses penyerbukan pada flora sanggup dibedakan menjadi 4 macam, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.
  1. Penyerbukan sendiri yaitu penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga yaitu penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain tapi pada pohon yang sama.
  3. Penyerbukan silang yaitu penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga tumbuan lain yang sejenis.
  4. Penyerbukan bastar yaitu penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga flora lain yang berbeda jenis.

Nah, di artikel kali ini kami akan membahas wacana ciri ciri penyerbukan sendiri dan ketiga jenis penyerbukan lainnya.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri

Ada beberapa ciri ciri penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya. Berikut ini ciri-ciri tersebut.

proses penyerbukan pada flora sanggup dibedakan menjadi  3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dan Contoh Bunga yang Mengalaminya

1. Jatuhnya serbuk sari di kepala putik dari bunga itu sendiri

Sesuai dengan pengertiannya, ciri ciri penyerbukan sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan sanggup terjadi dengan tunjangan angin (anemogami), insan (antropogami), dengan tunjangan binatang (zoidiogami), atau dengan tunjangan air (hidrogami).

2. Hanya terjadi pada bunga hermaprodit

Karena kepala putik dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, maka penyerbukan sendiri tentunya hanya sanggup terjadi pada flora dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit yaitu bunga yang mempunyai 2 kelamin lengkap, jantan dan betina dalam satu duduk bunga saja. Contoh bunga hermaprodit contohnya bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga tumbuhan buah naga dan lain sebagainya.

3. Tidak menghasilkan variasi keturunan

Ciri ciri penyerbukan sendiri yang terakhir yaitu hasil penyerbukan tersebut tidak menghasilkan variasi keturunan. Kelamin jantan dan betina berasal dari satu tumbuhan saja, oleh alasannya yaitu itu tidak terjadi pewarisan sifat-sifat yang berbeda menyerupai halnya pada penyerbukan silang maupun penyerbukan bastar.

Nah, itulah beberapa ciri ciri penyerbukan sendiri yang sanggup kami sampaikan. Semoga sanggup dipahami dengan mudah. Dan jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya yang lebih lengkap wacana macam macam penyerbukan beserta gambarnya. Salam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads