-->

Ad Unit (Iklan) BIG

3 Cara Flora Beradaptasi Dengan Lingkungan + Contohnya

Post a Comment
Selain makan, berkembang biak, bernafas, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, dan mendapatkan rangsangan, salah satu ciri mahluk hidup lainnya ialah melaksanakan penyesuaian diri atau pembiasaan terhadap lingkungannya. cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya sanggup dilakukan dengan 3 hal, yaitu melalui pembiasaan morfologi, fisiologi, dan pembiasaan tingkah laku. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas perihal ketiga cara tersebut disertai dengan contoh-contohnya. Silakan disimak!

salah satu ciri mahluk hidup lainnya ialah melaksanakan penyesuaian diri atau pembiasaan terh 3 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan + Contohnya

1. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah bentuk luar tubuhnya biar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh pembiasaan morfologi pada tumbuhan, di antaranya:
  • Tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan suhu udara yang panas dengan memperkecil ukuran daunnya hingga berbentuk menyerupai duri. Suhu udara yang panas menciptakan banyak air menguap dari tubuhnya, sehingga dengan memperkecil ukuran daun, laju transpirasi (penguapan) sanggup turun.
  • Tanaman bakau mempunyai akar tunjang yang menembus tanah hingga dalam merupakan salah satu teladan pembiasaan morfologi yang dilakukan supaya tumbuhan tersebut tidak terhempas oleh ombak besar di sekitar pantai.
  • teratai dan kangkung mempunyai batang yang berongga supaya sanggup mengapung diperairan yang menjadi kawasan hidupnya. Bayangkan kalau kedua tumbuhan tersebut mempunyai batang yang berisi menyerupai batang pohon kayu, mereka niscaya akan karam di dasar sungai.

2. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah fungsi dalam tubuhnya biar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh pembiasaan fisiologi pada tumbuhan, di antaranya:
  • Pada demam isu kemarau, pohon pisang akan mengeluarkan zat lilin pada permukaan atas daunnya untuk meminimalkan terjadinya transpirasi.
  • Tumbuhan gurun mempunyai organ kawasan menyimpan cadangan air untuk mempersiapkan demam isu kemarau yang panjang.
  • Bunga-bunga tumbuhan yang hanya sanggup melaksanakan penyerbukan dengan dukungan serangga mengeluarkan aroma busuk untuk mengundang para serangga datang.

3. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laris ialah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan melaksanakan tingkah laris tertentu sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh pembiasaan tingkah laku pada tumbuhan, di antaranya:
  • Pohon jati, kedondong dan beberapa tumbuhan lainnya akan menggugurkan daunnya pada demam isu kemarau untuk meminimalkan penguapan (transpirasi).
  • Tumbuhan xerofit mengeluarkan air dari daunnya untuk membuang kelebihan air pada tubuhnya. Tingkah laris tumbuhan higrofit ini disebut dengan istilah gutasi
  • Bunga wijaya kusuma mekar hanya pada malam hari dan mengeluarkan aroma busuk untuk mengundang serangga malam biar membantu penyerbukannya.

Nah, demikianlah pemaparan yang sanggup kami sampaikan perihal beberapa cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dari pemaparan di atas, sanggup kita simpulkan bahwa ada 3 cara yang sanggup dilakukan tumbuhan untuk beradaptasi, yaitu melalui pembiasaan morfologi, fisiologi, serta pembiasaan tingkah laku. Semoga sanggup dipahami dengan mudah, sehingga Anda sanggup melanjutkan membaca artikel berikutnya perihal cara tumbuhan melindungi diri. Salam.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads