-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Soal PTS/UTS Gasal PPKn Kelas 7

Post a Comment
Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan bentuk baru dari istilah Ulangan Tengah Semester (UTS) yang dilaksanakan pada pertengahan semester. Soal PPKn Kelas VII disusun dalam rangka evaluasi bagi peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran selama seperempat tahun pelajaran.

Bagi kelas tujuh, PTS Gasal PPKn meliputi materi Sejarah Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Nilai Semangat Positif Pendiri Bangsa Serta Norma yang Berlaku dalam Masyarakat. Berikut ini soal PTS/UTS Gasal PPKn Kelas 7.


Soal PTS/UTS Gasal PPKn Kelas 7

Pilih jawaban yang paling tepat diantara point a, b, c, dan d!
1. Setelah Belanda menyerah, Jepang mulai menguasai Indonesia pada tanggal ……
a. 5 Maret 1942
b. 6 Maret 1942
c. 7 Maret 1942
d. 8 Maret 1942

2. Semboyan Jepang yang digunakan untuk menarik perhatian dan simpatik rakyat Indonesia adalah ……
a. Jepang Pelindung, Pemimpin, Tentara Asia
b. Jepang Pemimpin, Cahaya, Sinar Asia
c. Jepang Pemimpin Asia, Saudara Asia, Cahaya Asia
d. Jepang Pelindung Asia, Pemimpin Asia, Cahaya Asia

3. BPUPKI dibentuk pada masa penjajahan Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan ketua ……
a. Ir. Sukarno
b. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
c. Muh. Yamin
d. Moh. Hatta

4. Sidang pertama BPUPKI membahas tentang ……
a. Perumusan Dasar Negara
b. Perumusan Tujuan Negara
c. Merumuskan UUD 1945
d. Memilih Ir. Soekarno sebagai Presidan dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden

5. Perumusan dasar Negara dilakukan melalui Sidang BPUPKI yang berlangsung pada tanggal ……
a. 29 Mei – 1 Juni 1945
b. 30 Mei – 1 Juni 1945
c. 31 Mei – 1 Juni 1945
d. 31 Mei – 3 Juni 1945

6. Lima Asas Negara Indonesia Merdeka yang berisi: Peri Kebangsaan; Peri Kemanusiaan; Periketuhanan; Perikerakyatan; dan Kesejahteraan Rakyat disampaikan oleh ……
a. Muh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Prof. Dr. Soepomo
d. Drs. Moh. Hatta

7. Tokoh yang memberi nama dasar Negara dengan istilah Panca Dharma dan kemudian menggantinya dengan Pancasila adalah …
a. Muh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Mr. Soepomo
d. Moh. Hatta

8. Istilah Pancasila pertama kali ditemukan dalam Kitab Sutasoma karangan ……
a. Mpu Sendok
b. Empu Prapanca
c. Empu Tantular
d. Empu Gandring

9. Tokoh berikut ini yang bukan termasuk dalam Anggota Panitia Sembilan adalah ……
a. R. Abikusno
b. K.H. Kahar Muzakir
c. Prof. Dr. Soepomo
d. Soebardjo

10. Piagam Jakarta atau Jakarta Charter ditetapkan pada tanggal ……
a. 20 Juni 1945
b. 21 juni 1945
c. 22 Juni 1945
d. 23 Juni 1945

11. Berikut ini salah satu pernyataan yang termasuk dalam keputusan sidang PPKI adalah ……
a. Membentuk MPR, DPR, dan DPD
b. Mengesahkan Undang-Undang Dasar Tahun 1945
c. Menyatakan perang, membuat perdamaian, dan perjanjian dengan Negara lain
d. Memberhentikan Presiden atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut UUD

12. Pada saat penyusunan UUD, Sidang Kedua BPUPKI, Piagam Jakarta diubah dengan istilah yang memiliki arti “pembukaan” yaitu …
  • Muqaddimah (preambule)
  • Konstitusi
  • Ideologi
  • Perpu
13. Hasil kerja dari Panitia Kecil yang berjumlah Sembilan orang adalah ……
  • UUD 1945
  • GBHN
  • Piagam Jakarta
  • KNIP
14. Rumusan Pancasila yang resmi dan sah terdapat dalam ……
  • Piagam Jakarta Alinea ke-4
  • Ketetapan MPR
  • Pembukaan UUD Tahun 1945 Alinea ke-4
  • Keputusan Presiden
15. Pancasila merupakan ideologi Bangsa Indonesia yang salah satu fungsinya adalah ……
  • Membentuk identitas Negara
  • Memupuk rasa kasih sayang
  • Menjadi pedoman hidup
  • Membentuk dasar-dasar cara bersosialisasi
16. Perubahan klausul sila “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” merupakan salah satu wujud nilai sikap pendiri bangsa yang memiliki rasa ……
  • Semangat berjuang agar dikenang
  • Rela berkorban agar lebih dikenal
  • Lebih mengutamakan egosentrisme
  • Lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan
17. Keteladanan dari para tokoh perumus dasar negara dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk sikap ......
  • egosentrisme
  • individulisme
  • chauvinisme
  • nasionalisme
18. Pada dasarnya chuvimisme merupakan pengertian dari nasionalisme secara sempit yang yang harus dihindari karena memiliki makna negatif yaitu ..….
  • Mencintai budaya daerah
  • Membanggakan bangsa lain
  • Merendahkan bangsa lain
  • Mencintai tradisi nasional
19. Kewajiban seorang siswa terhadap Pancasila, yaitu ......
  • mempelajari sejarah lahirnya Pancasila
  • mengenang para penggali nilai-nilai Pancasila
  • mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila
  • mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskusi kelompok
20. Berikut adalah contoh nilai positif yang dikembangkan di lingkungan madrasah, yaitu …..
  • menunjukkan rasa kecintaan yang tinggi terhadap masyarakat, bangsa, dan negara
  • meningkatkan kesadaran untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
  • menolong sesama teman yang membutuhkan tanpa membedakan
  • meningkatkan kedisiplinan dalam mengisi kemerdekaan
21. Berikut ini yang termasuk dalam sikap nasionalisme di lingkungan madrasah tsanawiyah adalah ……
  • Mengikuti upacara bendera dengan tertib
  • Memasang Garuda Pancasila di ruang tamu
  • Memasang bendera merah-putih di depan rumah
  • Memasang foto pahlawan kemerdekaan di dalam kamar
22. Hubungan patriotisme dan nasionalisme adalah …. . .
  • Rasa cinta terhadap tanah air dan kedaerahan
  • Rasa cinta terhadap budaya daerah dan melestarikannya
  • Rasa cinta terhadap bangsa dan negara sekaligus tanah air
  • Rasa cinta terhadap negara sekaligus bangga terhadap kebudayaannya
23. Perilaku beriman dan bertakwa dapat diwujudkan di lingkungan sekolah dengan cara ......
  • mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama di lingkungan masyarakat
  • membantu tetangga yang tertimpa musibah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
  • mengembangkan sikap kekeluargaan di antara sesama warga masyarakat
  • siswa melaksanakan sholat dhuhur berjamaah bersama guru
24. Pancasila sila kesatu menuntun manusia untuk …...
  • memerhatikan peribadatan orang lain
  • membantu tetangga yang kekurangan
  • mempelajari agama/kepercayaan orang lain
  • percaya dan takwa terhadap TuhanYang Maha Esa
25. Wujud sikap patriotis seorang pelajar di lingkungan madrasah tsanawiyah adalah ……
  • Mengikuti kegiatan karang taruna
  • Melakukan donor darah melalui PMI
  • Bergabung dalam komunitas kebangsaan
  • Menjaga ketertiban dan kebersihan madrasah
26. Istilah "Rela" dalam konteks perjuangan memiliki arti ......
  • bersedia dengan ikhlas
  • memiliki sesuatu yang dimiliki
  • memberikan sesuatu untuk kepentingan orang lain
  • memberikan sesuatu walaupun menimbulkan penderitaan bagi dirinya
27. Menolong orang lain yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan adalah contoh sikap ……
  • rela berkorban
  • cinta tanah air
  • menghargai orang lain
  • mengutamakan persatuan dan kesatuan
28. Berikut ini yang termasuk perilaku rela berkorban di lingkungan madrasah adalah …...
  • meluangkan waktu untuk belajar bersama di asrama
  • merawat pohon, tanaman, dan bunga halaman madrasah
  • keikhlasan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak–anaknya
  • bergotong royong memperbaiki jembatan yang rusak karena longsor dan banjir
29. Perilaku positif sesuai dengan nilai Pancasila di lingkungan keluarga dapat ditunjukkan melalui sikap ......
  • Menjenguk teman sekolah yang sakit
  • Patuh dan taat serta berbakti kepada orang tua
  • Menyimpan buku-buku yang menjelaskan tentang Pancasila
  • Tidak keluar rumah agar bisa berkumpul dengan anggota keluarga
30. Nilai positif perjuangan para pahlawan yang perlu dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa adalah ……
  • Bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan
  • Sikap rela berkorban untuk bangsa dan Negara
  • Sifat ingin unggul dan menang sendiri
  • Sifat ingin melawan bangsa penjajah
31. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga masyarakat sebagai panduan, tatan, dan pengendalian tingkah laku disebut ……
  • Norma
  • Komunitas
  • Klub
  • Paguyuban
32. Salah satu norma yang berlaku di dalam masyarakat adalah agama. NormA Agama merupakan keyakinan yang dianut seseorang dengan tunjuan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhira. Norma agama bersumber dari ……
  • Tuhan
  • Pemerintah
  • Hati nurani
  • Kebiasaan masyarakat
33. Sanksi bagi orang yang melanggar norma agama adalah mendapat hukuman berupa ……
  • Dikucilkan
  • Penjara
  • Dihina
  • Dosa
34. Norma Agama mempunyai karakteristik yang bersifat abadi dan ……
  • Universal
  • Hanya berlaku di wilayah tertentu
  • Hanya berlaku di Negara tertentu
  • Berlaku bagi suku tertentu
35. Norma yang juga disebut sebagai norma moral adalah ……
  • Norma agama
  • Norma hukum
  • Norma kesopanan
  • Norma kesusilaan
36. Norma kesusilaan bersumber dari ……
  • Kitab suci
  • Hati nurani
  • Undang-undang
  • Kebiasaan masyarakat
37. Norma yang bersumber dari tata krama yang menjadi kebiasaan dan berlaku di dalam masyarakat disebut ……
  • Norma agama
  • Norma kesusilaan
  • Norma kesopanan
  • Norma hukum
38. Seseorang yang melanggar norma kesopanan akan mendapat sanksi berupa ……
  • Dosa
  • Denda
  • Penjara
  • teguran atau dikucilkan
39. Norma yang dibuat oleh lembaga pemerintah atau Negara disebut dengan ……
  • Norma sosial
  • Norma hukum
  • Norma kesusilaan
  • Norma kesopanan
40. Pelaku pelanggaran terhadap norma hukum akan mendapatkan sanksi berupa ……
  • Dikucilkan
  • Teguran
  • Penjara
  • Dosa

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Iklan