-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Buku SD Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1

Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1, buku guru dan buku siswa (BG/BS) kelas III SD/MI K13 Revisi tahun 2018 untuk semester 1 pdf pada siswa dan guru sekolah dasar, Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud.

Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1, Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman buku.kemdikbud go id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1


Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?
Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.

Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
Upayakan untuk mencakup kompetensi pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.

Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.

Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya. Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.
Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.

Kembangkanlah keterampilan berikut ini:
a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

Download Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1

Buku Siswa Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi tahun 2018
Tema 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
Tema 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Tema 3. Benda di Sekitarku
Tema 4. Kewajiban dan Hakku

Buku Guru Kelas III Kurikulum 2013 Revisi tahun 2018
Tema 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
Tema 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Tema 3. Benda di Sekitarku
Tema 4. Kewajiban dan Hakku

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads