-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mencegah Kanker Terbaik

Post a Comment
Nasib buruk, keturunan atau faktor lingkungan? Beberapa faktor resiko penyakit kanker mungkin di luar kendali manusia. Tetapi ada tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko kanker.

Kanker, atau juga disebut tumor ganas, adalah suatu pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Ada lebih dari 100 jenis kanker, dimana yang paling umum antara lain kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker usus, kanker prostat, dan kanker getah bening.


Gejala-gejala kanker berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Pengobatan kanker juga berbeda-beda, tetapi biasanya melibatkan penggunaan kemoterapi, radiasi, dan operasi. Artikel ini akan membantu Anda mengerti tentang berbagai aspek dari penyakit ini.


1. Berhenti Merokok
Konsumsi tembakau adalah penyebab penyakit kanker terbesar yang bisa dihindarkan. 22 persen kematian karena kanker per tahunnya disebabkan oleh tembakau. Selain merokok, mengunyah tembakau atau menghirupnya bisa menyebabkan kanker. Bahkan perokok pasif dewasa juga terbukti bisa terkena kanker paru-paru.


2. Hati-hati Saat Berjemur Sinar Matahari
Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling tinggi prevalensinya. Cara mencegahnya? Jangan berjemur di bawah matahari saat intensitas ultra violet sedang tinggi, yakni antara pukul 10 pagi hingga jam 4 sore. Lindungi bagian tubuh yang terkena matahari dengan topi, pakaian, kacamata hitam dan gunakan krim pelindung.


3. Deteksi Dini Kanker
Beberapa jenis kanker bisa dideteksi sebelum gejalanya terasa. Karena itu rajinlah memeriksa diri sendiri, misalnya untuk kulit dan payudara. Deteksi kanker dini bisa membantu mengenali dan memudahkan penanganan beberapa jenis kanker di fase awal.


4. Berolahraga dan Jaga Berat Badan
Ada korelasi antara kelebihan berat badan serta obesitas dengan sejumlah tipe kanker. Kegiatan fisik secara rutin dan menjaga berat badan yang ideal dengan pola makan yang sehat, akan mampu mengurangi resiko kanker. Seperti misalnya dengan menyantap banyak buah dan sayuran. Sebaliknya, konsumsi daging merah dan olahan bisa meningkatkan resiko kanker usus.


5. Hindari Infeksi
Sekitar 22 persen kematian karena kanker di negara berkembang disebabkan oleh penyebab penyakit infeksi. Virus hepatitis B dan C menyebabkan kanker hati dan infeksi HPV menyebabkan kanker leher rahim. Bakteri helicobacter pylori (foto) meningkatkan resiko terkena kanker lambung.


6. Jangan Minum Alkohol Berlebihan
Menurut WHO, resiko kanker bertambah seiring jumlah alkohol yang dikonsumsi. Alkohol adalah faktor resiko bagi banyak jenis kanker, termasuk kanker rongga mulut, tenggorokan, pita suara, kerongkongan, hati, usus, dan kanker payudara.


7. Hindari Polusi
Polusi lingkungan dengan bahan kimia karsinogenik bertanggung jawab atas 4 persen dari kasus kanker, demikian menurut WHO. Manusia juga bisa terekspos unsur karsinogen melalui makanan yang terkontaminasi bahan kimia seperti aflatoksin atau dioksin. Polusi udara di dalam ruangan dari asap batubara melipatgandakan resiko kanker paru-paru, khususnya bagi perempuan yang tidak merokok.

Nah itulah informasi kali ini mengenai Tips mencegah Kanker yang paling penting :
1 Berhenti Merokok
2. Hati-hati Saat Berjemur Sinar Matahari
3.Deteksi Dini Kanker
4. Berolahraga dan Jaga Berat Badan
5. Hindari Infeksi
6. Jangan Minum Alkohol Berlebihan
7. Hindari Polusi

Macam-macam Jenis dari Kanker diantaranya :
Kanker Adrenal
Kanker Anal
Kanker Darah 
Kanker Getah Bening 
Kanker Ginjal 
Kanker Hati 
Kanker Indung Telur 
Kanker Kulit 
Kanker Lambung 
Kanker Lidah 
Kanker Mata 
Kanker Mulut 
Kanker Otak 
Kanker Pankreas 
Kanker Paru-Paru 
Kanker Payudara 
Kanker Prostat 
Kanker Rahim 
Kanker Serviks 
Kanker Tenggorokan 
Kanker Testis 
Kanker Tiroid 
Kanker Tulang 
Kanker Usus 
Kanker Vagina 
Kanker Vulva

Semoga bermanfaat, Terimakasih Atas Kunjunganya.....

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter

Iklan

Close x Ads