Selamat berjumpa kembali pada web/blog Cuntorio disini sekarang kami akan berbagi perangkat pembelajaran sma. Khususnya untuk postingan ini Perangkat Pembelajaran K13 Kelas X.
Dimana membuat perangkap pembelajaran membutuhkan waktu yang lama karena tingkat kesulitanya. apalagi untuk saat ini, dengan kurikulum 2013 membuat rpp bagi dewan guru kebanyakan kesulitan pastinya.
Untuk itu, kami Cuntorio memberikan Perangkat pembelajaran lengkap, yang isi nya terdiri dari :
Isi Perangkat Pembelajaran K13 SMA Revisi 2021 Kelas X .Rar .Doc:
1 Akreditasi SMA
panduan Penilaian
Regulasi k13
1. Permendikbud No. 20 Th 2016 - SKL
2. Permendikbud No. 21 Th 2016 - Standar Isi
3. Permendikbud No. 22 Th 2016 - Standar Proses
4. Permendikbud No. 23 Th 2016 - Standar Penilaian
5. Permendikbud No. 24 Th 2016 - KI KD
6. Permendikbud No. 53 Th 2015 - Penilaian Hasil Belajar
2. Buku Siswa
Buku Guru
RPP K13 SMA :
1. Cover
2. RPP [Rencana Pelaksanaan Pembelajaran]
3. Silabus
4. Analisis KI KD
5. Analisis Standar Kompetensi kelulusan
6. Pemetaan
7. Fotmat KKM
8. Analisis alokasi waktu
9. Analisis Kompetensi
10. Lembar Penilaian
11. Jurnal guru
12. kalender pendidikan 2021-2022
13. Program tahunan
14. program semester
Sangat lengkap bukan kami memberikan perangkat ini? Silahkan untuk di unduh langsung pada link paling bawah dari postingan ini.
Semua File yang ada bukan berupa .pdf sehingga memudahkan dewan guru dalam proses pengeditan Perangkat Pembelajaran yang ada. Kami memposting semua pelajaran namun setiap pelajaran satu postingan.
Saya ucapkan terimakasih banyak untuk kunjungan anda pada blog cuntorio.
Update RPP 1 Lembar dan Perangkatnya disini : Perangkat Pembelajaran Kelas 10 11 dan 12 SMA/MA Revisi 2022
Berikut ini Contoh singkat satu materi RPP sebagai pertimbangan bapak/ibu sebelum mendownload.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 2
............... Mata Pelajaran : PAI dan Budi Pekerti |
Kelas/Semester : XII / 1
(Ganjil) Alokasi Waktu : 3 x 15 Menit |
Materi Pokok : Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 |
KD : 3.1 dan 4.1 |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai pengamalan dengan
meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan
bersikap demokratis
·
Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait
·
Menjelaskan cara membaca
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah
tajwid;
·
Mengidentifikasi Hukum Bacaan (Tajwid) Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 Dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan Asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menjelaskan manfat berpikir kritis dan bersikap
demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159.
·
Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang
terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Menjelaskan sikap kritis dan demokratis dengan ciri
orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan
manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159
·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar.
·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.
·
Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 serta hadis terkait.
·
Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang
terkandung dalam Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap kritis dengan
ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 serta hadits terkait.
·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap demokratis
dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.
Media |
Alat / Bahan |
||
v |
Worksheet atau lembar kerja (siswa) |
v |
Penggaris,
spidol, papan tulis |
v |
Lembar penilaian |
v |
Laptop
& infocus |
v |
LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
v |
Internet
|
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 |
||
Pendahuluan |
||
1. |
Peserta
didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional (PPK) |
|
2. |
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) |
|
3. |
Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan
diajarkan |
|
4. |
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
|
||
Kegiatan Inti |
KEGIATAN LITERASI |
|
·
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Hukum Bacaan (Tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 Dan Q.S. Ali Imran/3:
159 |
||
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
·
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Hukum
Bacaan (Tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 Dan Q.S. Ali Imran/3: 159 |
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
||
·
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Hukum
Bacaan (Tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 Dan Q.S. Ali Imran/3: 159 |
||
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI) |
||
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS) |
||
·
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait Hukum Bacaan (Tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 Dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
||
Penutup |
||
1. |
Guru
bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar |
|
2. |
Guru
memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat |
|
3. |
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
|
C.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
§ Penilaian Sikap: Lembar pengamatan; Penilaian Pengetahuan: LK peserta didik
Download Juga : Perangkat Pembelajaran SMA Kelas 11 K13 Revisi 2022
Demikianlah Postingan kali ini yang dapat kami posting untuk Perangkat Pembelajaran SMA Kelas X Semoga bermanfaat
Download Perangkat SMA/MA Kelas 10
Download Perangkat : Bahasa Indonesia
Download Perangkat : Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Minat
Download Perangkat : Biologi
Download Perangkat : Ekonomi
Download Perangkat : Fisika
Download Perangkat : Geografi
Download Perangkat : Kimia
Download Perangkat : Matematika Peminatan
Download Perangkat : Matematika Wajib
Download Perangkat : PAI
Download Perangkat : PJOK
Download Perangkat : PKN
Download Perangkat : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Download Perangkat : Sejarah Indonesia
Download Perangkat : Sejarah Peminatan
Download Perangkat : Seni Budaya
Download Perangkat : Sosiologi
Download Perangkat : TIK
Download Perangkat SMA/MA Kelas 11
Download Perangkat : Bahasa Indonesia
Download Perangkat : Bahasa Inggris Wajib | Peminatan
Download Perangkat : Biologi
Download Perangkat : Ekonomi
Download Perangkat : Fisika
Download Perangkat : Geografi
Download Perangkat : Kimia
Download Perangkat : Matematika Peminatan
Download Perangkat : Matematika Wajib
Download Perangkat : PAI
Download Perangkat : PJOK
Download Perangkat : PKN
Download Perangkat : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Download Perangkat : Sejarah Indonesia
Download Perangkat : Sejarah Peminatan
Download Perangkat : Seni Budaya
Download Perangkat : Sosiologi
Download Perangkat : TIK
============ MAPEL AGAMA ================
Download Perangkat : Akidah Akhlak
Download Perangkat : Bahasa Arab
Download Perangkat : Fikih
Download Perangkat : Qur'an Hadits
Download Perangkat SMA/MA Kelas 12
Download Perangkat : Bahasa Indonesia
Download Perangkat : Bahasa Inggris
Download Perangkat : Biologi
Download Perangkat : Ekonomi
Download Perangkat : Fisika
Download Perangkat : Geografi
Download Perangkat : Kimia
Download Perangkat : Matematika Peminatan
Download Perangkat : Matematika Wajib
Download Perangkat : PAI
Download Perangkat : PJOK
Download Perangkat : PKN
Download Perangkat : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Download Perangkat : Sejarah Indonesia
Download Perangkat : Sejarah Peminatan
Download Perangkat : Seni Budaya
Download Perangkat : Sosiologi
Download Perangkat : TIK
Silahkan untuk di SHARE kepada kawan-kawan yang lainya, sehingga banyak amal yang didapat dengan memberitahukan kepada banyak kawan yang sedang kesusahan dalam pembuatan perangkat pembelajaran.
NB: Tidak diperkenankan memposting ulang postingan yang ada di Cuntorio. Kita Sebagai Sesama Blogger dan tentunya Seorang Guru tentunya tahu dan paham mengenai Tata Krama yang ada.
=Laporkan Link Rusak Melalui Kolom Komentar Ya....
#PerangkatPembelajaran
Rincian Kompetensi Dasar Pada Perangkat SMA Kelas X
Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)Menganalisis Q.S. al-Isra /17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
Menganalisis makna al-Asma u al-Husna: al-Karim, al-Mu min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami , al- Adl, dan al- Akhir
Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt
Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikannya kepada sesama
Menganalisis kedudukan al-Qur an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Menganalisis hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat
Kompetensi Dasar PPKn
Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan NegaraMenelaah ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Merumuskan hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
Mengidentifikasii (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Mengidentifikasi suasana,tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
Menganalisis unsur pembangun puisi.
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
Kompetensi Dasar Bahasa Inggris
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/ MAK
Kompetensi Dasar Geografi
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hariMemahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Memahami langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta
Menganalisis dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan
Menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
Menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
Menganalisis dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
Kompetensi Dasar Ekonomi
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomiMenganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
Mendeskripsikan lembaga jasa keuangan dalam perekonomian
Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
Mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
Mendeskripsikan konsep manajemen
Kompetensi Dasar Sosiologi
Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakatMengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat
Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di masyarakat
Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
Kompetensi Dasar Fisika
Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratoriumMenerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas
Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
Kompetensi Dasar Biologi
Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerjaMenganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya
Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan
Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
Mengelompokkan tumbuhan kedalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
Kompetensi Dasar Kimia
Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan Kimia di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupanMenganalisis perkembangan model atom Dalton, Thomson, Rutherfod, Bohr, dan mekanika gelombang
Menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik
Menganalisis kemiripan sifat unsur dalam golongan dan keperiodikannya
Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia
Menerapkan teori pasangan elektron kulit valensi (VSEPR) atau Teori Domain Elektron dalam menentukan bentuk molekul
Menghubungkan interaksi antar ion, atom dan molekul dengan sifat fisika zat
Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
Mengidentifikasi reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan konsep bilangan oksidasi unsur
Kompetensi Dasar Matematika Umum
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnyaMenjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
Kompetensi Dasar Penjas
Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif*
Menganalisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif**
Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Menganalisis berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Menganalisis keterampilan satu gaya renang***
Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Kompetensi Dasar Sejarah Indonesia
Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarahMemahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu)
Memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
Kompetensi Dasar Sejarah Peminatan
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktuMenganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Menganalis keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
Menganalisis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Menganalisis cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstual, nontekstual, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi lisan)
Menganalisis kehidupan awal manusia Indonesia dalam aspek kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini
Menganalisis peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan peradaban masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial
Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah)
Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
Menganalisis persamaan dan perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam aspek fisik dan nonfisik
Kompetensi Dasar Seni Budaya
Memahami jenis dan fungsi alat musik tradisionalMemahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa
Memahami konsep, teknik dan prosedur dalam meniru ragam gerak tari tradisi
Memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Menganalisis alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya pada masyarakat pendukungnya
Memahami karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya
Memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak tari tradisi
Memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
Memahami dan mengapresiasi pertunjukan musik tradisional
Memahami konsep dan prosedur pameran karya seni rupa
Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Memahami perancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Memahami konsep, bentuk dan jenis pertunjukan musik tradisional
Memahami konsep, prosedur, dan fungsi kritik dalam karya seni rupa
Menganalisis bentuk, jenis,nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Kompetensi Dasar Matematika Peminatan
Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannyaMenjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Hindu
Memahami hakekat dan nilai-nilai Yaj a yang terkandung dalam kitab RamayanaMemahami ajaran Upaveda sebagai tuntunan hidup
Memahami hakekat Wariga dalam kehidupan
Memahami ajaran Dharsana dalam agama Hindu
Memahami pengetahuan konseptual tentang ajaran Catur Asrama
Memahami pengetahuan konseptual ajaran Catur Warna susastra Hindu